Follow Us

Kandungan Protein di Roti Tepung Kecoak Dinilai Lebihi Daging, Berani Coba?

Bayu Galih Permana - Senin, 19 November 2018 | 19:00
Ilustrasi roti dan kecoak
iStockphoto

Ilustrasi roti dan kecoak

HAI-Online.com - Pada tahu nggak nih sob, sekelompok peneliti di Brazil baru-baru ini sedang mengembangkan sebuah penelitian mengenai roti yang dibuat menggunakan tepung dari kecoak.

Tapi tenang, tepung ini nggak dibuat dari kecoak yang sering berlalu-lalang di tempat sampah ataupun saluran pembuangan, melainkan menggunakan jenis Nauphoeta cinerea dari Afrika Utara.

Buat kalian yang belum tahu, serangga satu ini bisa berkembang dengan baik dan cepat apabila di ruang tertutup dan biasanya digunakan kebanyakan orang untuk makanan binatang seperti tarantula maupun kadal.

Nah kecoak udang sendiri dipilih para peneliti untuk diolah menjadi tepung karena kaya akan kandungan protein, bahkan kadarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging merah.

Baca Juga : Amerika Serikat Sedang Kembangkan Tentara Serangga, Apa Tujuannya?

Dalam ujicobanya, para peneliti sebenarnya hanya menggunakan 10 persen tepung serangga, sedangkan 90 persen lainnya menggunakan tepung gandum biasa yang banyak digunakan untuk membuat roti.

Meskipun terbilang sedikit, hasilnya ternyata sangat mengejutkan karena tepung kecoak berhasil membuat kandungan protein di roti meningkat pesat menjadi 133 persen.

"Tepung kecoak meningkatkan kandungan protein dalam roti menjadi 133 persen, terang Andressa Jantzen yang merupakan ahli pangan Federal University of Rio Grande, Brazil kepada BBC.

Rasa, aroma, teksturnya gimana tuh, enak nggak buat dimakana? Tenang sob, menurut Andressa roti dari tepung kecoak ini nggak memiliki perbedaan siginifikan dari roti gandum pada umumnya.

"Kami melakukan analisis pada tekstur, bau, warna, maupun rasa. Nggak ada perubahan yang berarti, mungkin sebagian orang akan merasakan sedikit rasa kacang," tambahnya.

Roti dengan tepung kecoak
BBC

Roti dengan tepung kecoak

Source : BBC

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular