Follow Us

Remaja Bertanya Sex: Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Membesar!

Al Sobry - Minggu, 10 Maret 2019 | 20:35
Remaja Bertanya Sex: Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Membesar!

Remaja Bertanya Sex: Kapan Penis Mulai Tumbuh dan Berhenti Membesar!

HAI-Online.com – Pertumbuhan (masih) terjadi pada usia remaja, begitu juga perkembangan alat reproduksi. Untuk cowok, penis kamu masih bakal bertambah besar dan panjang lho!

Pertanyaan selanjutnya, apakah ukuran "barangmu" normal jika dibandingkan dengan teman seumuran. Cara terbaiknya, jangan pernah membandingkan ukurannya secara langsung ya, guys!

Yang harus kamu tahu pertama-tama adalah, kapan sih, penis mulai tumbuh dan kapan berhentinya?

Pertumbuhan penis dimulai sejak dalam kandungan. Selama beberapa minggu pertama kehamilan, organ seks bayi perempuan dan laki-laki bakal terlihat sama mulanya. Baru ketika ada pengaruh testosteron, organ seks bayi laki-laki mulai berkembang menjadi penis dan sepasang testis dalam buah zakar pun tumbuh.

Baca Juga : Kasih Tahu Temen yang Penisnya Kepotong Saat Sunat, Begini Seharusnya!

Pertumbuhan penis biasanya dimulai pada minggu ke-9 kehamilan, dan akan terbentuk sepenuhnya pada akhir minggu ke-20. Dari bayi baru lahir hingga anak-anak, biasanya ukuran penis bertumbuh lambat.

Barulah kemudian mulai bertambah panjang dan menebal di rentang usia 10-14 tahun saat mulai masuk masa puber, dan terus terjadi sampai 18 tahun.

Jangan kaget, pertumbuhan penis paling cepat itu biasanya terjadi di antara usia 12-16 tahun, tergantung kapan kamu mulai masuk usia puber.

Baca Juga : Nggak Nyangka, Ternyata Ini Alasan Kenapa Cowok Mimpi Basah

Cirinya kamu masuk ke masa puber adalah kamu mengalami karakteristik fisik dan seksual yang mulai mengalami perubahan, mulai dari suara yang lebih berat, badan tumbuh bulu, hingga penis dan testis yang membesar diikuti dengan rambut kemaluan.

Penis kemudian akan berhenti tumbuh saat masa puber berakhir.

Berhubung akhir masa pubertas tidak bisa ditentukan secara pasti pada setiap orang, maka waktu berhentinya pun berbeda-beda.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest