Follow Us

Berawal dari Demo Buruh, Yuk Simak Sejarah International Women's Day!

Bayu Galih Permana - Jumat, 08 Maret 2019 | 16:59
International Women's Day
iStockphoto

International Women's Day

HAI-Online.com - Wah udah tanggal 8 Maret aja nih! Ada yang tau ini hari apa? Hari Jumat? Hari kejepit nasional? Bener semua sih, tapi yang paling spesial adalah seluruh masyarakat dunia hari ini tengah memperingati International Women's Day sob.

Fyi aja nih, International Women's Day merupakan hari di mana perempuan diakui pencapaiannya, tanpa sedikit pun memandang aspek-aspek seperti bangsa, etnik, bahasa, budaya, ekonomi, atau politik.

Lalu, gimana sih awal mula 8 Maret bisa diperingati sebagai International Women's Day?

Seperti yang dikutip HAI dari CewekBanget.ID, International Women’s Day sendiri pertama kali digaungkan oleh sejumlah gerakan buruh dari wilayah Amerika Utara hingga sepanjang benua Eropa, pada awal abad ke-20.

Baca Juga : Dari Pemilihan Tanggal Hingga Penetapan, Yuk Simak Sejarah Hari Musik Nasional!

Semenjak itulah, International Women’s Day dianggap menjadi dimensi baru bagi para perempuan yang tinggal, baik di negara-negara maju maupun berkembang.

Berawal dari Demo Buruh

Semua bermula saat Amerika Serikat untuk pertama kalinya memperingati National Women's Day pada tanggal 28 Februari 1909 sebagai bentuk respon dari demo para buruh pekerja garmen yang menuntut soal kondisi kerja mereka setahun sebelumnya di New York.

Mulai dari situlah, sejumlah sosialis internasional akhirnya mengadakan pertemuan di Kopenhagen guna meresmikan Women's Day sebagai bentuk penghormatan atas gerakan hak asasi sekaligus hak-hak pilih perempuan.

Hingga akhirnya, tanggal 19 Maret diperingati sebagai Women’s Day di sejumlah negara (Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss), di mana muncul pawai untuk memperjuangkan hak perempuan dalam bekerja, pelatihan kejuruan, dan untuk mengakhiri diskriminasi dalam lingkungan kerja.

Bentuk Protes Terhadap Perang Dunia I

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest