Follow Us

Dari Hari Musik sampai Hari Film, Berikut Daftar Tanggal Penting di Bulan Maret 2019

Bayu Galih Permana - Sabtu, 02 Maret 2019 | 14:21
Ilustrasi Musik
iStockphoto

Ilustrasi Musik

HAI-Online.com - Nggak cuma akan memperingati hari raya umat beragama Hindu aja lewat perayaan Nyepi (7/3), pada bulan Maret ini ternyata ada sejumlah tanggal penting yang ikut diperingati di Indonesia, salah satunya Hari Musik Nasional.

Hari Musik Nasional sendiri dulunya lahir pada 9 Maret 2013, usai ditetapkan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang kala itu mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013.

Seperti dikutip dari Kompas.com, alasan pemerintah menetapkan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional adalah untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri dan memotivasi dalam meraih prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia.

Selain Hari Musik Nasional, pada bulan ini masyarakat juga memperingati kerja keras insan perfilman Indonesia melalui Hari Film Nasional, yang dirayakan setiap tanggal 30 Maret.

Baca Juga : Nggak Dikenal Ganjar Pranowo, Jerinx SID: Tinggal Google Apa Susahnya, Pak?

Hari Film Nasional sendiri mulai diperingati oleh masyarakat sejak tahun 1950 silam, tepat di hari pertama pengambilan gambar dari film 'Darah & Doa' atau Long March of Siliwangi yang digarap oleh Usmar Ismail.

Terus, kenapa tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Film Nasional? Hal itu disebabkan karena 'Darah & Doa' dianggap sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia, digarap oleh orang asli Indonesia, dan diproduksi oleh perusahaan milik orang Indonesia (Perfini).

Berikut daftar lengkap tanggal dan juga hari penting yang diperingati oleh masyarakat Indonesia pada bulan Maret 2019.

1 Maret

  • Hari Kehakiman Nasional
  • Hari Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta
6 Maret - Hari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad)

7 Maret - Hari Raya Nyepi

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular