Follow Us

Pertama dalam 100 Tahun, 'Black Panther' Berhasil Tertangkap oleh Kamera di Afrika

Ricky Nugraha - Kamis, 14 Februari 2019 | 18:30
Penampakan macan tutul hitam
Will Burrard-Lucas/Camtraptions

Penampakan macan tutul hitam

HAI-online.com - Kalau mendengar nama "Black Panther" pasti kalian langsung teringat akan sosok superhero fiktif dari komik Marvel. Tapi kalian tahu nggak, kalau ada hewan di dunia nyata yang punya julukan itu, dan mereka sangatlah langka.

Black panther tersebut sejatinya adalah macan tutul hitam. Dan kini, fotografer alam liar Will Burrard-Lucas akhirnya berhasil mengabadikan foto hewan langka tersebut di Laikipia Wilderness Camp, Kenya, Afrika.

Ini merupakan dokumentasi ilmiah pertama dari makhluk tersebut dalam 100 tahun terakhir di Afrika. Sebelumnya, cerita tentang hewan ini diperkirakan hanya mitos para warga belaka.

Tapi Burrard-Lucas mengikuti jejak yang diceritakan mengenai macan tutul tersebut. Dia kemudian membuat perangkap kamera dengan sensor gerak nirkabel dengan harapan bisa memotret hewan itu di malam hari.

Baca Juga : Ternyata Narkoba Paling Mematikan di Dunia Bernama Kecubung!

Setelah beberapa hari tanpa hasil, dia kembali pada perangkap kamera terakhirnya. "Aku melihat perangkap terakhir dengan cepat, nggak berharap menemukan banyak," tulis Burrard-Lucas dikutip dari The Guardian.

"Ketika aku menggulirkan gambar di bagian belakang kamera, aku berhenti dan melihat sebuah foto dengan keheranan... sepasang mata dikelilingi oleh kegelapan... macan tutul hitam! Aku nggak bisa mempercayainya dan butuh beberapa hari sebelum menyadari bahwa aku telah mencapai impianku," imbuhnya.

Penampakan macan tutul hitam
Will Burrard-Lucas/Camtraptions

Penampakan macan tutul hitam

Foto-foto itu kemudian dipublikasikan dalam jurnal African Journal of Ecology pada Januari lalu. Penulis ilmiah dari makalah ini adalah Nicholas Pilfold dari institut penelitian konservasi di Kebun Binatang San Diego.

Pinfold menulis bahwa hanya ada satu catatan terkonfirmasi tenteng macan tutul hitam Afrika selama lebih dari satu abad. Catatan itu adalah sebuah foto yang diambil di Addis Ababa, Ethiopia tahun 1909.

Baca Juga : Ternyata Ada Banyak Kata Bahasa Indonesia Yang Diserap Bahasa Inggris. Ini 10 Di Antaranya

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest