Follow Us

Kucing Belang Tiga Pasti Betina, Penjelasannya Bukan Karena Jantan Dimakan Induknya

Ricky Nugraha - Jumat, 08 Februari 2019 | 15:15
Kucing belang tiga
iStockphoto

Kucing belang tiga

HAI-online.com - Banyak yang menganggap kucing belang tiga pasti berjenis kelamin betina karena yang jantan akan dimakan oleh sang induk saat lahir.

Ada juga yang menyebut kalau kucing tersebut nggak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama. Pasalnya, jarang sekali ditemukan kucing jantan belang tiga, karena kucing belang tiga didominasi oleh betina.

Ternyata, anggapan ini nggak benar.

Menurut dokter Nurman, alumni Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Syiah Kuala, kucing belang tiga atau yang dikenal sebagai kucing telon, kucing kaliko, atau kucing belacu ini pasti 99,9% betina. Kalau pun muncul yang berkelamin jantan, hanya dua warna saja yang dominan.

Baca Juga : Bukan Menjauh, Kucing Malah Suka Sepatu Bau, Penyebabnya Bikin Tenang!

Genetik yang menyebabkan warna hitam dan oranye—warna paling umum pada kucing—pada bulu terkandung dalam kromosom X.

Kucing betina normalnya memiliki dua kromosom X, yaitu XX. Maka nggak aneh kalau kucing betina dapat memiliki dua warna sekaligus.

Sedangkan kucing jantan normalnya memiliki kromosom XY sehingga kucing jantan hanya bisa memiliki satu warna saja.

"Secara ilmu genetika, kromosom itu yang berpengaruh. Bulu berwarna putih itu bukanlah gen warna, tapi ini adalah gen modifikasi yang tak terpengaruh dengan kromosom seks X dan Y.”

“Kalau pun ada tiga warna pada kucing jantan, itu adalah mutasi genetik, seperti albino. Bisa juga ada dominasi gold-putih seperti kucing himalaya. Jadi sekali lagi, mitos tadi tidak benar," jelas Nurman, seperti dilansir dari Intisari.

Baca Juga : Plis Jangan Buang Sampah Sembarangan! Hewan Laut Menganggap Plastik Adalah Makanan Karena Bentuk dan Baunya Mirip

Source : Intisari

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest