Follow Us

Sejarah Awal Mie Instan: Diproduksi Oleh Pengusaha Gagal Untuk Mengatasi Pasokan Makanan Yang Tersendat

Rizki Ramadan - Rabu, 13 Februari 2019 | 14:31
Chikin Ramen dan penemunya, Momofuku Ando
instantnoodles.org

Chikin Ramen dan penemunya, Momofuku Ando

Hai-online.com - Mie instan bisa disebut sebagai jenis makanan yang sering banget di makan orang-orang di seluruh dunia. Penelitian tahun 2017 aja tercatat ada 270 juta mie instan yang dimakan.

Nah yang jadi pertanyaan. Siapa kah yang mulai bikin candu ini?

Jawabannya adalah Momofuku Ando, pria kelahiran Taiwan yang kemudian tinggal Jepang. Sebenernya dia adalah pengusaha yang suka gagal. Dia pernah punya bikin usaha saat Perang Dunia, tapi bangkrut. Ia juga pernah dipenjara karena penipuan. Ia lalu pindah ke perbankan, tapi collapse juga tuh.

Ando adalah orang yang gigih. Ia nggak mau terpuruk dan mau membangun ulang reputasinya.

Satu dekade setelah Perang Dunia II berakhir, tepatnya 1958, kementerian pertanian Jepang memintanya untuk mencari cara gimana biar orang-orang Jepang bisa memakan banyak tepung dari Amerika yang dikirim sebagai bantuan.

Baca Juga : Makan Mie Instan Satu Itu Kurang. Tapi Kalo Ditambah Nasi, Penyakit Akan Datang

Saat itu pasokan makanan emang tersendat juga.

Ia lalu mengingat pengalamannya antri lama banget saat mau beli ramen. Ia pun akhirnya punya gagasan kalau masyarakat Jepang butuh makanan yang bisa dibuat dengan capet dan bisa dinikmati orang-orang dari berbagai kalangan.

Di usianya yang ke-48, Ando mengukuhkan dirinya sebagai penemu makanan. Dia selalu pergi ke hutan setiap hari sepanjang tahun. Muncul-muncul, dia mengenalkan produk kotak yang tersusun dari mie kaku. Produk ramen instan pertama itu ia namai Chickin Ramen

Ando bisa memproduksi masal mie ramennya karena ia sekaligus menciptakan alat-alat industri untuk pembuatan mie, pengukusan, pembumbuan dan pengeringan dengan minyak panas.

Produk tersebut menggemparkan masyarakat. Betapa tidak, sebelumnya, untuk memakan ramen, mereka harus menunggu lama, sejak ada Chikin Ramen, mereka bisa membuatnya hanya dalam 2 menit dan bisa membuatnya sendiri di rumah. Tanpa perlu ke kedai.

Pasti tahu dong merk mie instan Nissin? itulah merk yang kemudian diciptakan Ando.

Dan sampe sekarang hampir semua orang di dunia menyukai mie instan.

Sumber: Instantnoodles.org, BBC

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular