Follow Us

Hati-hati Kalo Terima Foto Berformat PNG, Khususnya Pengguna Android!

Ricky Nugraha - Senin, 11 Februari 2019 | 20:35
Ilustrasi Android Pie
The Verge

Ilustrasi Android Pie

HAI-online.com - Nggak jarang kita dapet kiriman gambar dari chat atau e-mail, tanpa perhatiin apa format file tersebut. Kini, pengguna smartphone Android harus mulai waspada kalau menerima kiriman gambar, terlebih jika dalam format PNG.

Sebab baru-baru ini Google sebagai induk Android, mengungkap adanya kerentanan di sistem operasi Android mulai dari versi 7.0 Nougat hingga 9.0 Pie. Bug ini ditemukan oleh para mitra Android kurang lebih sebulan sebelum dipublikasikan.

Bug tersebut memungkinkan peretas menjalankan kode di smartphone atau tablet Android setelah pengguna menerima dan membuka gambar berformat PNG yang telah dirancang khusus untuk merusak sistem.

Pengguna nggak akan sadar, jika hanya dengan melihat gambar tersebut sama dengan membuka jalan ke hacker yang menyerang ponselnya dari jarak jauh.

"Kerentanan keamanan di dalam framework memungkinkan peretas menggunakan file PNG yang didesain menjalankan kode arbitrari untuk proses tertentu," tulis Google dalam buletin Android Security edisi Februari 2019.

Baca Juga : Samsung Siap Rilis Galaxy M20 di Indonesia. Smartphone Mid-End Harga Rp 2 Jutaan

Eksekusi kode arbitrari dalam sistem kemanan komputer kurang lebih diartikan sebagai kemampuan peretas dalam mengeksekusi perintah atau kode arbiter pada perangkat yang ditargetkan, dalam hal ini adalah smartohone Android.

Pelaksanaan kode jarak jauh ini memengaruhi beberapa bagian di dalam sistem operasi, seperti pustaka Android, sistem file, dan komponen Nvidia.

Google menolak untuk menjabarkan secara rinci teknik peretasan ini. Nggak diketahui pula apa saja yang diperoleh dan bisa dilakukan peretas dari celah keamanan ini.

Hal itu cukup masuk akal, mengingat pengguna nggak akan sadar jika perangkat mereka sedang dibajak, apalagi efeknya nggak bisa terlihat secara langsung.

Baca Juga : Pelajar Asal China Ini Dipenjara Setahun Karena Motret Pangkalan Laut AS

Kode penambal masalah keamanan ini telah dirilis ke repositori Android Open Source Project (AOSP). Ada baiknya, pengguna smartphone Android segera melakukan update setelah muncul notifikasi untuk memperkecil kemungkinan risiko celah keamanan ini.

(*)

Source : Kompas.com, BGR

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest