Follow Us

Indonesia Bakal Punya Pabrik 3D Printer Pertama, Desain Produk Baru Bakal Lebih Cepet

Ricky Nugraha - Kamis, 07 Februari 2019 | 19:30
3D Printer mini
Inspira

3D Printer mini

HAI-online.com - Pemerintah akhir-akhir ini sedang menggenjot pengembangan arus industri baru yang dinamakan industri 4.0. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa ada lima teknologi utama yang menopang industri ini, yakni Internet of Things, Artificial Intelligence, Human–Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing. Merespon gagasan besar pemerintah tersebut, Inspira Academy di tahun 2019 ini akan membangun pabrik 3D printer pertama di Indonesia.Inspira Academy adalah lembaga pendidikan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memiliki konsentrasi pada bidang design dan cetak 3D (3D creation), robotik dan IoT.

Menurut Sugianto Kolim, Founder Inspira Academy, keunggulan 3D printer salah satunya adalah bisa memproduksi sebuah karya desain dalam bentuk 3 dimensi.

Baca Juga : WhatsApp Kini Bisa Dikunci Pake Pemindai Wajah dan Sidik JariSejauh ini kita mendesain sesuatu barang atau produk dalam wujud 2D dalam kertas. Kemudian dengan 3D printer ini, seseorang bisa mencetak hasil desainnya bentuk 3 dimensi dengan skala tertentu.“Salah satu keunggulan teknologi 3D printer adalah mempermudah dan mempercepat proses produksi industri di segala bidang. Sayangnya harga 3D printer masih sangat mahal, baik untuk konsumsi bisnis atau perorangan," kata Sugianto Kolim.

Pabrik 3D printer tersebut diperkirakan menelan investasi Rp. 100 milliar yang akan mulai di pertengahan tahun 2019 ini dan direncanakan dibangun di salah satu kawasan industri di Jakarta.

Diharapkan dengan pembangunan pabrik ini, harga 3D printer akan lebih terjangkau, sehingga Indonesia bisa menjadi kiblat pertumbuhan industri 4.0 di kawasan Asia Tenggara.

Source : NexTren

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest