Follow Us

Sebenarnya Kuliah Sastra Inggris Itu Belajar Apa sih? Apa Bedanya dengan Kursus?

Ricky Nugraha - Selasa, 12 Februari 2019 | 10:00
Buku Shakespeare salah satu karya sastra
iStockphoto

Buku Shakespeare salah satu karya sastra

HAI-online.com - Jurusan kuliah Sastra Inggris emang nggak terlalu populer di Indonesia kalau dibandingkan dengan jurusan-jurusan seperti Kedokteran, Manajemen, Teknik, Komunikasi atau yang lainnya.

Banyak yang menilai kalau prospek kerja lulusan Sastra Inggris lebih kecil dibanding jurusan seperti yang disebutkan di atas. Sebenarnya, anggapan ini nggak sepenuhnya benar.

Sastra Inggris juga termasuk jurusan yang fleksibel dan punya cukup banyak peluang kerja, apalagi di era modern ini. Nggak melulu jadi guru, dosen, atau penerjemah seperti anggapan banyak orang.

Nah, kalau ada yang tanya apa bedanya dengan kursus bahasa Inggris??

Jelas beda sih. Karena di jurusan ini kalian nggak akan cuma diajari bahasa Inggris aja seperti kursus. Tapi kalian bakal dapet pengetahuan juga yang lebih luas, khususnya dalam dunia sastra.

Baca Juga : Minat Sama Sastra? Ini Pilihan Jurusan Bahasa yang Ada di Universitas Negeri

Biar lebih jelas, simak penjelasan tentang jurusan Sastra Inggris serta apa aja yang dipelajari di bawah ini:

Mata kuliah

Di awal perkuliahan jurusan Sastra Inggris, kalian akan diperkenalkan oleh sejumlah mata kuliah pelajaran bahasa Inggris basic atau dasar. Seperti listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis), grammar (tata bahasa) dan translation (penerjemahan).

Pelajaran serupa mungkin sudah pernah kalian dapatkan di bangku SMA. Lalu di awal perkuliahan ini kalian akan diperkenalkan kembali dengan pelajaran tersebut, yang nantinya level pembelajarannya akan semakin meningkat.

Selain mata kuliah tersebut, ada juga mata kuliah lainnya yang akan dibagi berdasarkan pilihan peminatan kalian. Nah apa saja peminatan itu? Simak nih di bawah ini.

Peminatan

Jadi dalam jurusan Sastra Inggris, kalian akan dibagi menjadi beberapa peminatan. Biasanya sih ada 3, yaitu: Literature, Linguistic dan American Studies.

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest