Follow Us

Para Hacker Ditantang Retas Keamanan Mobil Tesla. Hadiahnya Super!

Dio Firdaus - Rabu, 16 Januari 2019 | 16:55
Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk
carnewscafe.com

Chairman dan CEO Tesla Motors Elon Musk

HAI-Online.com - Sebuah kontes hacker terkemuka Pwn20wn, yang tahun ini menawarkan hadiah lebih dari Rp 12,7 milyar untuk tembus keamanan digital,membuka kategori baru.

Kategori terbaru itu adalah mobil eketrik Tesla Model 3 yang digadang-gadang memiliki keamaan digital yang sangat tinggi.

Dari total Rp 12 milyar tersebut, nantinya akan dibagi ke dalam beberapa kategori hacking. Semakin tinggi jumlahnya, semakin tinggi juga tingkat kesulitannya.

Seenggaknya ada hadiah sebesar Rp 3,5 milyar untuk serangan pada tiga bagian teraman mobil besutan Tesla ini.

Baca Juga : Informasi Penting di Sekuel Far From Home, Kenapa Spider-Man Jauh dari Rumah?

Pertama adalah bagian Gateaway, yang berfungsi sebagai pintu pusat yang memproses data dari fungsi chassis, powertrain, dan komponen penting lain di mobil.

Kedua adalah autopilot, yang berfungsi sebagai asisten pengemudi yang membuat mobil ini bisa berjalan tanpa ada yang mengendarai.

Yang terakhir adalah vehicle Controller Secondary yang berfungsi sebagai keamaan dari mobil ini.

Sangat jelas kenapa tiga kategori ini memiliki hadiah yang besar, karena jika terjadi serangan pada ketiga bagian ini, kecelakaan yang fatal pun nggak bisa dihindari lagi.

Karena hal ini juga lah yang membuat Tesla mendukung acara ini, untuk melihat apakah masih ada celah yang bisa dilewati oleh hacker, sebagaimana HAI rangkum dari Nextren.

Kedengarannya sih gampang, hacker hanya perlu memaksa ketiga bagian tersebut untuk berkomunikasi dengan sumber pengendalian di luar mobil atau program lain. Tapi aslinya susah banget sob!

Berhasil atau nggak hacker menembus keamaanan mobil mereka, keduanya akan menguntungkan tesla dan kalau dipikir-pikir uang hadiah tersebut terbilang kecil dibandingkan dengan harga yang harus dibayar ketika keamanan cybernya ditembus oleh hacker jahat yang kelas kakap.

Hayo, ada yang tertarik buat ikutan nggak nih?

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest