Follow Us

Siapkan 3.000 Unit Komputer Sampai Sistem Pendaftaran Baru Masuk UI

HAI Internship - Kamis, 10 Januari 2019 | 16:29
Siswa yang sedang mengikuti UTBK

Siswa yang sedang mengikuti UTBK

HAI-Online.com - Sistem baru pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini adalah digantinya ujian tulis berbasis cetak menjadi ujian tulis berbasis komputer atau UTBK. Adanya sistem baru ini membuat salah satu kampus di Depok, Universitas Indonesia, menyiapkan 3.000 unit komputer untuk pelaksanaan SBMPTN UI 2019.

"Untuk menyiapkan UTBK, UI sudah bermitra dengan sekolah-sekolah sekitar. Total ada 4.050 komputer di sekolah-sekolah yang telah ditunjuk, di samping 3.000 komputer yang telah disiapkan UI," ujar Rektor UI Muhammad Anis di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/1/2019).

Komputer-komputer yang udah disediakan UI juga hasil kerja sama dengan sejumlah sekolah di kawasan Depok, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Anis juga menambahkan pusat panitia UTBK di Jakarta disebar di beberapa kampus, di antaranya UI, UNJ (Universitas Negeri Jakarta, dan UPN Veteran. Dan total komputer yang dibutuhkan sebanyak 7.500 unit.

Baca Juga : Tahun 2019 Ini ITB Buka Lagi Seleksi Mandiri. Catat Nih Kuota, Kriteria dan Syaratnya

SBMPTN kali ini bakal dilaksanain selama 12 hari dan dibagi jadi dua sesi, yaitu sesi pagi dan siang. Hal itu disebabkan karena meningkatnya jumlah pendaftar SBMPTN.

"Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, dengan jumlah peserta yang mencapai sekira 75 ribu orang, ditambah sekitar 10 persen dan dikalikan dua kali ujian, maka UI memperkirakan, jumlah pendaftar bakal mencapai 160 ribu orang. Jumlahnya yang cukup banyak maka dibagi 10 sampai 12 kali ujian, sesi pagi dan siang," ujar Anis dikutip dari Kompas.com.

UI sendiri memiliki 30 persen daya tampung buat jalur SNMPTN, 40 persen UTBK, dan 30 persen ujian simak (ujian mandirinya UI). Untuk vokasi, nggak ada perubahan sistem pendaftaran, masih tetep sama dengan tahun sebelumnya.

Kalo lo pernah ikut olimpiade dan prestasi lainnya selama di SMA, bisa daftar lewat jalur olimpiade yang bakal diseleksi pada 14 Februari dan diumumin 23 Maret.

Nah, udah tau kan sekarang beberapa sistem baru kalo mau masuk UI. Makin siap deh perjuangin UI !

Penulis : Zhafira

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular