Follow Us

Tahun 2019 Ini ITB Buka Lagi Seleksi Mandiri. Catat Nih Kuota, Kriteria dan Syaratnya

Rizki Ramadan - Kamis, 10 Januari 2019 | 11:22
Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof. Mindriany Syafila dalam konferensi pers Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, di Ruang Rapim A Gedung Rektorar ITB, Senin (10/12/2018).(Dok. ITB)
ITB

Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof. Mindriany Syafila dalam konferensi pers Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, di Ruang Rapim A Gedung Rektorar ITB, Senin (10/12/2018).(Dok. ITB)

Hai-online.com - Pejuang PTN mana suaranya? Kalau kamu ngincer kuliah di Bandung, kamu mesti catet baik-baik kabar ini. Di tahun akademik 2019/2020 ini, Institut Teknologi Bandung (ITB) akan ngebuka 3 jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana.

Info in disampaikan langsung oleh Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerjasama Pendidikan ITB Prof Mindriany Syafila.

Ini dia jalurnya: 1. Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Kuota FSRD: 30% Kuota Non-FSRD: 40%

2. Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Kuota FSRD: 40% Kuota Non-FSRD: 40%

3. Seleksi Mandiri (SM) Kuota FSRD: 30% Kuota non-FSRD: 20%

Yap, ada kabar baik di tahun ini. ITB buka lagi jalur Seleksi Mandiri. Ada beberapa pertimbangan. Pertama, adanya perubahan ketentuan kuota jumlah pendaftar per sekolah pada jalur SNMPTN. Hal ini akan mengurangi kesempatan mahasiswa potensial untuk diterima di ITB lewat jalur SNMPTN.

Kedua, SBMPTN 2019 berbasis UTBK (Ujian tulis berbasis komputer) dan dikelola oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Baca Juga : Rayakan Ultah Ke-27, Iman Usman Tawarkan Beasiswa Penuh Untuk Kuliah S1 atau S2. Sikat!!

Ujian keterampilan bagi program studi bidang Seni dan Olahraga ditiadakan dan digantikan dengan portofolio karya.

Ketiga, adanya siswa yang potensial dan kompeten yang nggak bisa diterima di ITB lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN karena kesalahan memilih fakultas atau sekolah.

Kriteria khusus seleksi

ITB memiliki kriteria khusus lain dalam proses seleksi untuk calon mahasiswa FSRD terkait potensi kreatif dan kemampuan merespon stimulus secara spontan yang hanya dapat dilakukan melalui Ujian Keterampilan.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest