Follow Us

Salut! Remaja asal Papua Sukses Raih Penghargaan dalam Kompetisi American Football di Amerika Serikat

Bayu Galih Permana - Rabu, 02 Januari 2019 | 18:11
Sekton Wandikbo
Instagram / pcone_27

Sekton Wandikbo

HAI-Online.com - Beberapa waktu terakhir, nama remaja asal Papua yang saat ini tengah menuntut ilmu di Amerika Serikat, Sekton Wandikbo sedang menjadi bahan pembicaraan oleh banyak orang.

Bukan tanpa alasan, remaja yang kini masih berusia 18 tahun tersebut baru-baru ini dinobatkan sebagai linebacker terbaik dalam kompetisi American Football tingkat pelajar di Amerika Serikat.

Penghargaan itu berhasil diraih Wandikbo setelah doi memberikan banyak kontribusi bagi Foxcroft Academy, sehingga timnya mampu mempertahankan gelar juara Class D North Championship dalam Little Ten Conference.

Pada musim ini, Wandikbo mencatatkan 42 tekel (30 solo) ketika sedang bertahan, berlari sejauh 174 yard (sekitar 159 meter), dan juga mencetak tiga buah touchdowns sepanjang kompetisi berlangsung.

Baca Juga : Ini Dia 23 Bintang Sepak Bola yang Bisa Didapat Secara Gratis di Tahun Ini

Berkat kontribusi itulah, pemuda pertama asal Asia pertama yang berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi Little Ten Conference tersebut mampu membawa timnya hanya menelan satu kekalahan sepanjang musim ini.

Menariknya, Wandikbo sendiri mengatakan bahwa dirinya nggak menyangka bakal menorehkan prestasi tersebut karena dia baru saja mengenal American Football dalam kurun waktu kurang dari 16 bulan.

"Kami (masyarakat Papua) nggak mengerti tentang American Football. Aku bahkan nggak tahu peraturan permainan sampai aku bergabung dengan tim," terang Wandikbo seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com.

Meskipun begitu, dirinya kemudian bisa beradaptasi dan bermain American Football dengan baik karena selalu bertanya ketika melakukan kesalahan serta mendapatkan bantuan dari rekan-rekan satu timnya.

"Aku sudah mempelajari di level junior meski tidak mulus. Di setiap latihan, aku selalu dibantu oleh rekan setim dan selalu bertanya kesalahanku," terangnya lebih lanjut.

Baca Juga : Prediksi Tren Sneakers 2019 Menurut Para Pengamat: Teknologinya Canggih, Warnanya Unik

Atas prestasi yang berhasil diraihnya, pelatih Foxcroft Academy, Daniel White sempat takjub melihat kemampuan dari anak asuhnya itu dan dengan bangga mengatakan bahwa Wandikbo merupakan salah satu pemain terbaik di timnya.

"Aku sudah melatih selama 10 tahun. Namun, aku nggak pernah melihat anak dengan kemampuan sehebat itu, terlebih dia adalah orang asing. Dia adalah salah satu yang terbaik di sini," kata Daniel White.

Wah salut deh, kita doain aja semoga ke depannya Wandikbo bisa kembali menorehkan di musim-musim selanjutnya ya sob! (*)

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest