Follow Us

Terbuat dari Sampah, Rumah Ridwan Kamil Ini Tetap Mewah, Disewakan Juga!

Ricky Nugraha - Jumat, 21 Desember 2018 | 16:26
Salah satu sudut Rumah Botol milik Ridwan Kamil
Dok. Ridwan Kamil

Salah satu sudut Rumah Botol milik Ridwan Kamil

HAI-online.com - Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat ini memang dulu pernah menempuh pendidikan tinggi di jurusan arsitektur. Ia bahkan sempat berprofesi sebagai seorang arsitek berskala internasional juga.

Salah satu desain buatannya adalah rumah pribadi di Jalan Cigadung Selatan, Bandung, yang mendapat anugerah Green Design Award oleh Building Construction Indonesia (BCI).

Selain desainnya yang mewah, rumah ini punya keunikan tersendiri. Rumah yang dibangun di atas lahan seluas 373 meter persegi ini, beberapa dinding rumahnya dibuat menggunakan 30 ribu botol bekas.

Proses pembuatan rumah ini juga nggak sebentar. Dibangun mulai dari tahun 2005, rumah tersebut baru selesai dalam kurun waktu dua tahun.

Baca Juga : Demi Hibur Anak-anak di Rumah Sakit, Obama Rela Jadi Sinterklas

Salah satu sisi Rumah Botol milik Ridwan Kamil
Kompas

Salah satu sisi Rumah Botol milik Ridwan Kamil

Botol bekas pada dinding rumah tersebut diletakkan dengan jarak 80 sentimeter antar botol. Pada sela-sela jarak diisi dengan lem kaca agar lebih awet dan memungkinkan sinar matahari untuk tembus.

Tiap botol kemudian ditutup lagi dengan kayu yang direkatkan untuk menghindari air yang masuk. Meski terlihat rumit, tapi rumah botol ini justru perawatannya jauh lebih mudah dan sederhana.

Menurut Kang Emil cara pembersihan dinding botol hanya perlu dilap atau disemprot dengan air biasa tiap tiga bulan sekali.

Rumah botol ini sengaja didesain dengan konsep ramah lingkungan dan salah satu syaratnya adalah hemat energi serta memakai bahan daur ulang.

Baca Juga : Tinggal di Gang Sempit, Cowok Ini Kaget Ditagih Tunggakan Pajak Ferrari Rp69 Juta

Karena kesibukannya, Kang Emil nggak tinggal di rumah ini dan memilih untuk menyewakannya pada masyarakat umum yang berminat menjajal sensasi tinggal dalam rumah botol kaca.

Khusus untuk hari Sabtu dan Minggu, rumah ini bisa disewakan dengan uang sewa Rp3,5 juta per malam. Berbagai fasilitas ada di dalam rumah ini seperti empat kamar tidur, kolam renang, bak mandi air panas, 2 kamar mandi dan dapur.

Peraturannya, harus menjaga kebersihan, nggak boleh merokok, dan nggak boleh membawa hewan peliharaan. Penyewa juga diwajibkan untuk ramah pada tetangga sekitar.

Source : Kompas.com, Suar.ID

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest