Follow Us

Miris, Kegagalan Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2010 Diduga Karena Adanya Pengaturan Skor

Bayu Galih Permana - Kamis, 20 Desember 2018 | 15:28
Timnas Indonesia 2010
Kompas.com

Timnas Indonesia 2010

HAI-Online.com - Masih pada inget dengan gelaran Piala AFF 2010 yang mempertemukan timnas Indonesia dengan negara tetangga kita, Malaysia di partai final?

Kala itu, skuad besutan Alfred Riedl harus rela menjadi runner up dalam turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara itu setelah kalah dengan skor 0-3 di leg pertama dan hanya mampu menang 2-1 pada leg kedua (agregat 4-2 untuk Malaysia).

Hasil itu pun kemudian memunculkan spekulasi dari berbagai pihak mengenai adanya dugaan pengaturan skor, mengingat sebelumnya pada fase grup Piala AFF 2010 skuad Garuda berhasil menang telak 5-1 dari Malaysia.

Bahkan, manajer timnas Indonesia kala itu, Andi Darussalam Tabusalla dikait-kaitkan terlibat dalam dugaan pengaturan skor yang terjadi di final Piala AFF 2010.

Lalu bagaimana sebenarnya, apakah memang benar ada pengaturan skor?

Baca Juga : Bawa Real Madrid ke Final Piala Dunia Antar Klub, Gareth Bale Kini Sejajar dengan Messi dan Cristiano Ronaldo

Baru-baru ini, Andi Darussalam memberikan klarifikasi mengenai adanya dugaan bahwa dirinya terlibat pengaturan skor di Piala AFF 2010 dalam acara Mata Najwa yang dilangsungkan pada Rabu malam (19/12).

Dalam acara tersebut, Andi Darussalam mengatakan bahwa setahun setelah Piala AFF dia sempat bertemu dengan beberapa kenalannya di Malaysia dan menanyakan bagaimana cara mereka memainkan pertandingan sehingga membuat timnas Indonesia kalah.

Ketika ditanyai hal tersebut, rekan dari mantan direktur utama PT Liga Indonesia itu mengatakan bahwa ada orang dalam dari timnas Indonesia yang ikut membantu skuad Harimau Malaya untuk memenangkan pertandingan.

Andi Darussalam Tabusala
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Andi Darussalam Tabusala

"Setahun kemudian setelah itu, saya kenal beberapa orang-orang Malaysia ini. Waktu itu saya tanya bagaimana Anda bisa mainkan itu sampai saya kalah. Di situlah mereka terbuka bicara, bang kalau kami tidak mainkan orang abang itu, enggak bisa menang kami ini," terang Andi Darussalam kepada Najwa Shihab.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest