Follow Us

Bukan Buat Pegangan Saat Boncengan, Ternyata Ini Fungsi Behel di Belakang Motor

Agung Mustika - Rabu, 05 Desember 2018 | 16:30
Ini Dia Fungsi Behel Motor
Gridoto.com

Ini Dia Fungsi Behel Motor

HAI-Online.com - Mayoritas pembonceng motor di Indonesia manfaatin behel (besi di bagian bodi belakang motor) buat pegangan.

Usut punya usut, ternyata behel tersebut sebenarnya bukan dirancang buat pegangan, lho, sob.

Dilansir dari Gridoto.com, hal tersebut diungkapkan oleh Sony Susmana, Training Director dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) beberapa waktu lalu.

“Posisi duduk yang benar buat pembonceng motor itu dengan menghadap ke depan, posisi tangan santai berada di paha. Boleh memegang pinggang pengendara, tapi jangan memegang behel di belakang,” terangnya.

Menurutnya posisi pembonceng yang memegang behel motor itu salah, sebab gerak manuver motor jadi nggak seimbang.

Hal tersebut bikin posisi pembonceng kurang menyatu dengan pengendara dan tunggangan.

Baca Juga : QoryGore Ngaku Sudah Dapat Izin Merekam Hutan Aokigahara untuk Channel YouTube Miliknya

Ternyata behel pada motor berfungsi membantu pengendara biar lebih gampang geser motor saat di parkiran. Bukan buat pegangan saat boncengan.

"Mungkin kalau baru naik masih oke, tapi kalau sudah jalan, apalagi ngebut lebih baik tangan berada di paha," imbuh Sony.

Makanya beberapa motor produksi saat ini ada yang nggak dikasih behel, misalnya saja Yamaha Vixion atau Aerox.

Tugas behel digantikan sebuah coakan di bodi, berguna untuk mempermudah saat menggeser-geser motor, terutama saat lagi parkiran.

“Fungsi behel memang untuk itu, bukan untuk pegangan saat berkendara. Makanya banyak motor baru yang sudah tidak pakai behel belakang,” tutup Sony.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest