Follow Us

Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Jepang Luncurkan Siaran TV 8K Pertama

Dio Firdaus - Selasa, 04 Desember 2018 | 20:35
TV 8K
Cnet

TV 8K

HAI-Online.com - Ketika di Indonesia masih terbuai dengan TV yang memiliki resolusi 4K, ternyata Jepang sudah melangkah jauh ke depan terlebih dahulu.

Hal ini terlihat dengan dimulainya siaran TV 4K dan 8K melalui satelit dan 1 Desember 2018 dan menjadi yang pertama di dunia.

Stasiun TV yang menggunakan kualitas 8K ini adalah NHK.

Untuk orang awam, hal ini mungkin bukanlah kabar yang cukup mengejutkan. Tapi kalau kamu mengerti dampaknya, ini adalah hal yang cukup hebat.

Baca Juga : 5 Fakta Mengejutkan tentang Anime, Kartun Jepang yang Mendunia

Karena hingga saat ini konten televisi dengan kualitas 4K masih nggak bisa disiarkan melalui satelit, hanya bisa menggunakan sambungan kabel.

Jadi dengan adanya sambungan melalui satelit tersebut, penggunanya nggak perlu lagi repot memeriksa apakah daerahnya masuk ke dalam layanan kabel, dan juga nggak perlu menarik kabel baru yang mahal.

Selain itu, siaran ini juga menandakan semakin mudahnya konten 4K dan 8K untuk menjangkau pengguna TV.

Artinya, pasar televisi 4K dan 8K akan semakin cepat untuk berkembang dan harganya bisa semakin terjangkau, seenggaknya untuk penduduk Jepang.

Siaran 8K NHK dengan dukungan sistem suara sebanyak 22.2 channel (jauh lebih detail dibandingkan sistem suara 5.1 yang ada sekarang) akan menyiarkan film legendaris 2001: A Space Odyssey.

Menurut laporan yang didapatkan dari BBC, demi siaran 8K tersebut pihak Warner selaku pemilik film tersebut sampai menscan ulang film negatif asli berukuran 70mm, supaya bisa memiliki resolusi 8K.

Source : Nextren.grid.id

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest