Follow Us

Wave of Tomorrow: Nikmatin Kolaborasi Seni Musik dan Teknologi di Jakarta

Al Sobry - Rabu, 17 Oktober 2018 | 12:10
Wave of Tomorrow: Nikmatin Kolaborasi Seni Musik dan Teknologi di Jakarta
IG/Cabrini Asteriska Widiantini

Wave of Tomorrow: Nikmatin Kolaborasi Seni Musik dan Teknologi di Jakarta

HAI-Online.com – Untuk pertama kalinya deretan musisi Indonesia dan luar negeri bakal menyajikan musik yang digabungkan dalam pameran seni teknologi, Wave of Tomorrow 2018 di Jakarta pada 19-28 Oktober mendatang.

Event ini bakal melibatkan 30 musisi dan enam kreator kolektif di bidang new media art berbasis teknologi untuk menyuguhkan karya instalasi seni yang menembus batas.

Selama 10 hari penyelenggaraan acara ini bakal berpusat di Tribrata Grand Ballroom Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Baca Juga : Butuh Laptop Buat Jadi Konten Kreator? Dell XPS 15 2-in-1 Jawabannya

Nggak heran, Level7 yang bekerja sama dengan Bale Project sebagai konsultan seni, berharap acara ini bisa memberikan pengalaman berbeda kepada para pengunjung.

“Ini sebuah platform baru, dimana Wave of Tomorrow 2018 menjadi sebuah festival seni berbasis teknologi yang dipadukan dengan penampilan musik spesial dari beberapa musisi dalam dan luar negeri,” ungkap Maharani perwakilan dari Bale Project dalam rilis tertulisnya kepada HAI, Rabu (17/10/2018).

Apa yang bakal dihadirkan oleh Wave of Tomorrow, lanjut Maharani, sebetulnya seirama dengan tren yang kini terjadi di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama, pameran-pameran seni rupa yang dilakukan di beberapa ruang seni seperti Museum Macan, ArtJog dan Art Bali yang menampilkan karya- karya seni dari teknik konvensional hingga instalasi meruang, berhasil menyedot perhatian masyarakat.

Aktivitas semacam ini menjadi cara baru untuk mengenalkan karya seni kepada masyarakat luas di Indonesia.

Bukan hanya tren di masyarakat yang berubah, namun pergeseran arus juga terjadi pada medium yang digunakan oleh para kreator.

Meskipun konsep karya seni yang menggabungkan teknologi sudah ada dari sejak lama, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin progresif dan konsep seni yang semakin nggak terbatas, kini banyak kreator yang membuat instalasi seni dengan unsur teknologi, atau yang sekarang dikenal dengan New Media Art.

[Foto 1] Constellation Neverland dari Sembilan Matahari
occam

[Foto 1] Constellation Neverland dari Sembilan Matahari

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest