Kolaborasi Bareng Vidi Aldiano, PJ Morton: New Orleans dan Indonesia Punya Banyak Kemiripan, Terutama Pada Manusia & Makanannya

Kamis, 02 Desember 2021 | 18:25
Press Photo

PJ Morton

HAI-Online.com - Musisi yang sempat kolaborasi dengan Vidi Aldiano beberapa waktu lalu, PJ Morton mengemukakan pandangan soal kampung halamannya, New Orleans yang memiliki banyak kemiripan dengan Indonesia, terutama pada segi manusia dan makanannya.

Buat yang belum tau, Mas PJ adalah sosok prominen di sektor musik r&b dan soul, dan bisa dibilang adalah seorangabang-abanganpada lini ini.

Lahir dan besar di New Orleans, Lousiana, AS;little Morton menyerap dan hidup dalam kehidupan penuh arti dari kota tersebut sehingga mengasah dan membentuk dirinya sebagai musisi dan produser andal.

New Orleans sendiri merupakan kota yang HAI sebut sebagaiheart and soul of the US pop culture. Kenapa demikian?

Ragam produk budaya hasil asimilasidari African-American dan Prancis di kota ini udah menghasilkan sebuahmonumentersendiri - sebut saja jazz, r&b and soul music, big band, funk, mardi gras, hingga produksoul lain yang tentu kita kenal sebagaisoul food.

Baca Juga: Venue Tempat Lahir Musik Jazz di New Orleans Hancur Akibat Terjangan Badai

Nggak mengherankan kalo seorang PJ Morton sangat membanggakan kota asalnya tersebut sebagai salah satu elemen yang berperan penting bagi kemajuan dirinya sebagai musisi.

"Tentu saja manusianya,"selorohnyaantusias ketika PJ ditanyai oleh HAI tentang apa hal palingunderratedyang orang kenal dari New Orleans.

Baca Juga: Varian Omicron Jadi Sorotan Dunia, Inilah 5 Hal yang Perlu Diketahui

"Makanan dan musik dari New Orleans sudah barang tentu adalah hal yang selalu dibahas oleh publik. Tapi penduduk dan manusia dari New Orleans adalah tokoh paling penting untuk membentuk kultursoulyang populer tersebut, bersamaan dengan makanan dan musiknya tentu saja," jelasnya kemudian.

Dibesarkan dengan produk budaya New Orleans yang begitu menjiwai di berbagai aspeknya (re:soul), PJ Morton pun berhasil memenangkan tiga penghargaan GRAMMY secara berturut-turut.

Baca Juga: Bersemangat Sambut Album Terbaru, Black Country, New Road Rilis Single 'Concorde'

Yang terbaru, PJ memenangkanAlbum Gospel Terbaik pada GRAMMY 2021 untuk album paling barunya, 'Gospel According to PJ: From the Songbook of PJ Morton'.

Nggak cukup sampai disitu, PJ juga baru aja ngerilis single 'Please Don't Walk Away' yang dinilainya sebagai tembang romansa dan ironi dari pandangan seorang pria.

Penjiwaan dari PJ Morton emang nggak pernah bisa diusik dalam hal bermusik. Nah, ngobrol banyak tentangsoul, HAI pun iseng menimpali pernyataan PJ tersebut dengan membandingkan kultur Indonesia yang banyak kemiripan dengan New Orleans.

"Setuju banget, terutama dengan keramahan dan kehangatan dari orang-orangnya, penjiwaan dalam bermusik, serta tentu saja makanan dengan ragam bumbu, rempah, dan tingkat kepedasan yang nikmat," terangnya mengelaborasi pandangan HAI sebelumnya.

Anyway, PJ Morton juga pernah bernyanyi dalam bahasa Indonesia saat kolaborasi bareng Vidi Aldiano untuk single 'I Can’t Wait X Tak Bisa Bersama'.

Meski emang nggak berbicara bahasa Indonesia, namun penjiwaan yang selalu dibawa oleh PJ Morton berhasil menerjemahkan lagu ciptaan Vidi tersebut.

Sadar maupun nggak sadar, PJ Morton telah membangun kedekatannyadengan Indonesia lewat banyaknya kemiripan dengan kota asalnya, New Orleans, yang dihadirkan dari kualitas kehangatan manusia dan makanannya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya