Cewek Kanada Ini Pecahin Rekor Baru untuk Not Musik Terendah yang Dinyanyikan Wanita

Minggu, 18 April 2021 | 16:00
Joy Chapman/YouTube

Joy Champan berhasil mecahin rekor baru untuk not musik terendah wanita.

HAI-Online.com – Joy Chapman (52), seorang penyanyi dan penulis lagu asal British Columbia, Canada baru-baru ini memecahkan rekor Guiness baru untuk not musik terendah yang dinyanyikan seorang wanita, yakni C1.

Menurut Joy sendiri, ia mampu menyanyikan lagu dengan rentang vokal yang sangat luas, dari alto, hingga tenor dan bass. Hingga suatu saat keponakannya meminta dirinya buat nyoba mecahin rekor dunia.

“Aku mulai bernyanyi dari skala di C2, lalu ia berkata, ‘Kamu bernyanyi lebih rendah, kamu mesti mencoba mecahin rekor,’” ingat Joy saat berbincang dengan keponakannya, seperti dilansir dari Oddity Central.

Baca Juga: Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Bass Jadi Unsur Terpenting dalam Musik

Joy kemudian belajar bahwa rekor sebelumnya untuk not vokal terendah wanita dipecahkan oleh penyanyi yang mencapai D2—not terendah kedua pada piano.

Namun Joy yakin dirinya mampu buat lebih rendah dari itu. Dan nyatanya, ia bisa melakukannya!

Untuk mecahin rekor ini, sekitar setahun lalu penyanyi ini harus menghadapi sederet tantangan dalam hidupnya sebelum mencatatkan namanya di buku rekor paling terkenal di dunia.

Cobaan pertama adalah masa-masa berat saat ibunya meninggal dunia, disusul pandemi Covid-19 yang membuat studionya terpaksa tutup.

Baca Juga: Benarkah Orang-Orang Berhenti Dengerin Musik Baru di Usia 30-an?

Sementara dalam salah satu percobaannya, ia sempat mengalami kesulitan saat sang videografer mengaktifkan pembatas low-end di mikrofon, sehingga nggak bisa menangkap nada terendah Joy.

Meski begitu, pada akhirnya dia mampu menyelesaikannya.

Joy Chapman kemudian merekam not C1 (33,57hz), not C terendah pada piano dan not terendah yang pernah dinyanyiin oleh seorang wanita.

“Aku ingin meninggalkan sesuatu… karena aku mampu melakukannya,” ujar Joy. (*)

Baca Juga: Komedian Pete Davidson Bakal Peranin Joey Ramone Dalam Biopik Terbaru

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya