Alami Hipospadia Aprilia Manganang Dipastikan sebagai Laki-laki, Begini Kronologinya

Rabu, 10 Maret 2021 | 15:00

Alami Hipospadia, Aprilia Manganang Dipastikan Berjenis Kelamin Laki-laki, Begini Kronologinya

HAI-Online.com - Pada tau kan mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang? Yap Aprilia dipastikan berjenis kelamin laki-laki. Hal itu diumumkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, dalam konferensi pers, Selasa (9/3/2021).

Baca Juga: Setelah 28 Tahun Jadi Putri, Anggota TNI-AD Aprilia Manganang Bakal Perbaiki Penisnya

Menurut Andika Perkasa, Aprilia Manganang mengalami hipospadia, yang merupakan kelainan pada saluran kemih atau uretra dan penis. Melansir dari Kompas.com, informasi dari situs Departemen Urologi RSCM-FKUI, hipospadia merupakan kelainan bawaan yang umumnya dialami sejak lahir.

Andika Perkasa juga mengatakan kelainan hipospadia yang diderita Aprilia Manganang ketika lahir termasuk dalam kategori serius. Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan hanya dari tampilan fisik, hal ini nggak terlepas dari keterbatasan peralatan medis ketika itu.

Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang ketika lahir nggak mendapatkan perawatan atau pemeriksaan lanjutan meski diketahui menderita hipospadia. Hal itu nggak terlepas dari keterbatasan ekonomi keluarga Aprilia Manganang juga.

Aprilia pada akhirnya tercatat berjenis kelamin perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP). Pada 3 Februari 2021, Aprilia Manganang yang juga merupakan prajurit TNI aktif dengan pangkat sersan dua (serda) menjalani pemeriksaan medis pertama.

Pemeriksaan itu dilakukan karena Andika Perkasa dan pejabat TNI lainnya melihat ada kejanggalan dalam kondisi fisik Aprilia Manganang. Ia kemudian memanggil Aprilia Manganang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di RSPAD Gatot Subroto.

Baca Juga: Aprilia Manganang Bersyukur Usai Dipastikan sebagai Laki-laki

Hasilnya, Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki. Sebab, hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aprilia Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki. Kadar hormon testosteron yang identik dengan laki-laki juga ditemukan lebih tinggi di tubuh Aprilia Manganang. Kemudian, dari situ Andika menawarkan kepada Aprilia untuk dilakukan operasi.

"Dari hasil pemeriksaan, ternyata Apilia Manganang lebih memiliki organ laki-laki, bahkan tidak ada ditemukan organ internal jenis kelamin wanita," tutur Andika Perkasa.

"Pemerikasaan hormonal juga demikian. Secara faktual dan ilmiah, kita bisa meyakini Aprilia Manganang adalah laki-laki," ucap Andika Perkasa menambahkan.

"Aprilia Manganang bukan transgender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Ia mengalami kelainan Hipospadia, selalu kembalikan ke situ," ujar Andika Perkasa.

Setelah resmi berjenis kelamin laki-laki, Andika Perkasa menyebut Aprilia Manganang kemungkinan bakal mendapatkan tugas dan peran baru dalam jajaran TNI AD.

Baca Juga: Tidak Ada Minta Maaf tapi Young Lex Klarifikasi Kasus Plagiarisme di MV Raja Terakhir

Berikutnya, jajaran TNI juga akan mengakomodasi seluruh proses dokumen-dokumen terkait perubahan identitas, termasuk di antaranya pergantian nama dan jenis kelamin. Perubahan nama sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan.

Andika berharap, Pengadilan Negeri Tondano memberikan dan menetapkan perubahan nama tersebut. "Dari nama sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya," ujar Andika.

Sebelumnya, Aprilia Manganang diketahui tercatat sebagai perempuan ketika masih menjadi atlet voli dan juga saat bergabung ke TNI AD pada 2016. Dalam dunia voli, Aprilia Manganang tercatat pernah empat kali meraih gelar juara Proliga pada 2015, 2016, 2017, dan 2019.

Pada level timnas putri, prestasi terbaik Aprilia Manganang adalah meraih medali perak SEA Games 2017. Aprilia Manganang kemudian memutuskan pensiun sebagai atlet voli pada 2020 dan melanjutkan kariernya di TNI AD hingga saat ini.

Baca Juga: Karier Aprilia Manganang Usai Dipastikan sebagai Laki-Laki

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya