Meski Sepi Peminat, 6 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja dan Gaji Tinggi

Minggu, 09 Februari 2020 | 11:14
Pixabay/nikolayhg

Ilustrasi perkuliahan

HAI-online.com -Banyak orang menganggap bahwa program studi (prodi) atau jurusan kuliah yang ramai peminat itu bakal gampang dapetin pekerjaan.

Meski anggapan itu ada benarnya, tapi bukan berarti jurusan yang sepi peminat itu nggak banyak peluang kerjannya. Ada beberapa jurusan yang punya peluang kerja dan menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Beberapa pekerjaan tentu membutuhkan orang yang spesialis atau khusus di bidang tertentu. Karena itulah ada jurusan yang juga dikhususkan bagi calon mahasiswa dengan peminat tertentu.

Jurusana apa saja itu? Simak 6 di antaranya di bawah ini.

Baca Juga: Tesla Buka Lowongan Kerja, Elon Musk: Nggak Perlu Gelar Sarjana Samsek

1. Pengobatan tradisional

Jurusan ini unik karena kamu bakal mempelajari berbagai metode pengobatan tradisional yang menggunakan bahan-bahan dari alam, dan tentunya harus diolah sendiri.

Untuk pembelajarannya, jurusan ini cenderung mengarah ke studi kedokteran timur atau dikenal dengan istilah Traditional Chinese Medicine (TCM).

Di jurusan itu nantinya akan belajar meracik obat-obat herbal dengan tanaman asli Indonesia.Akan diajarkan juuga menggunakan jarum akupuntur beserta teori-teorinya, atau belajar teknik memijat serta dapat ilmu tentang gizi.

Baca Juga: Bos Ini Pilih Pekerjakan Seorang Gen-Z yang Nggak Punya Pengalaman Sama Sekali, Ini Alasannya

2. Pendidikan luar biasa

Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) secara spesifik mengajarkan pada para mahasiswa yang mau menjadi tenaga pengajar anak berkebutuhan khusus.

Nantinya, mahasiswa akan diajari merancang proses pembelajaran dan cara berkomunikasi sesuai dengan keperluan siswa tersebut.

Peluang kerja jurusan ini cukup besar, sebab isu disabilitas kini telah mendapat banyak perhatian dari pemerintah maupun masyarakat. Gaji yang ditawarkan pun akan lebih besar dibanding pendidik pada umumnya.

3. Oceanografi

Ilmu yang mempelajari fenomena laut ini bisa diaplikasikan ke bidang rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana.

Jika memilih jurusan ini, maka akan mempelajari banyak hal. Seperti kalkulus, kimia, matematika, komputasi oseanografi, geografi dasar, hidro dinamika dan sebagainya.

Karena jumlah lulusan nggak banyak, maka peluangnya pasti lebih besar untuk diterima kerja. Jadi, gaji yang didapatkankemungkinan akan lebih besar.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa Indonesia yang Berhasil Pulang ke Indonesia Sebelum Akses Kota Wuhan Ditutup karena Virus Corona

4. Sosiologi

Ilmu ini mempelajari interaksi antara satu orang dengan orang lain dan pengaruhnya pada terbentuk struktur sosial masyarakat.

Untuk cakupan studinya bisa dikerucutkan menjadi sub prodi seperti sosiologi industri, lingkungan, pembangunan, ekonomi, gender dan lain-lain. Sedangkan prospek kariernya adalah menjadi seorang market research atau copy writer dengan gaji yang lumayan besar.

5. Sendratasik

Prodi Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik)mempelajari seputar perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Lulusan prodi ini punyaprospek karier menjadi seorang penyanyi, komposer musik, koreografer, aktor dan lain-lain. Gajinya tentu cukup besar.

Baca Juga: Nikita Willy Dinobatkan Jadi Duta Anti Narkoba, Warga Kampus Jadi Target Campaign-nya!

6. Aktuaria

Jurusan ini mempelajai bidang matematika yang biasa disebut Matematika Asuransi. Ilmu aktuaria ialah ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa akan datang.

Jika lulus,lo bakal jadi aktuaris. Atau bisa pula jadi penilai, pemeriksa dan penyidik klaim asuransi atau agen penjualan asuransi dan lain-lain. Masalah pendapatan tentu juga besar.

Tertarik buat ambil salah satu jurusan di atas?

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya