Follow Us

Cerita Mahasiswa Indonesia yang Berhasil Pulang ke Indonesia Sebelum Akses Kota Wuhan Ditutup karena Virus Corona

Bayu Galih Permana - Kamis, 30 Januari 2020 | 09:38
Hasan Hidayat (23), mahasiswa Wuhan University Technology jurusan Master Business Administation menceritakan kondisi Wuhan selama terjadi penyebaran virus corona.
Dokumentasi pribadi via Kompas.com

Hasan Hidayat (23), mahasiswa Wuhan University Technology jurusan Master Business Administation menceritakan kondisi Wuhan selama terjadi penyebaran virus corona.

HAI-Online.com - Salah seorang mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di Wuhan University Technology, Hasan Hidayat baru-baru ini menceritakan pengalamannya saat berhasil meloloskan diri dari ancaman virus corona.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, mahasiswa berusia 23 tahun tersebut mengaku keluar dari kota yang pertama kali terjangkit virus corona itu lima hari sebelum akses menuju dan dari Wuhan ditutup oleh pemerintah setempat.

"Saya pulang sebelum lima hari ditutup semua akses. Dan alhamdulillah bisa sampai Indonesia, karena sebelumnya saya sempat niat tidak mau pulang. Sudah begitu (tubuh) panas 37 drajat, bukan 38 drajat, " terang Hasan ketika dihubungi pada Rabu (29/1) kemarin.

Hasan menceritakan, kondisi Wuhan setelah terserang virus corona sangatlah mengkhawatirkan di detik-detik sebelum dirinya keluar dari sana.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Hal Ini, Mendiamkan Charger di Stopkontak Ternyata Berbahaya!

Resah dengan virus mematikan tersebut, sebagian besar masyarakat Wuhan melakukan antisipasi dengan memakai masker, khususnya di tempat-tempat umum.

"Mayoritas di sana menggunakan masker yang terlihat di fasilitas umum, seperti MRT dan sebagainya," ceritanya menambahkan.

Selain itu, kota Wuhan menjadi sangat sepi akibat serangan virus corona, di mana hanya terdapat beberapa orang yang melintas di jalanan umum.

"Sepi kan memang karena saat Imlek. Kata orang di sana kalau imlek sebelumnya juga sepi. Terlebih ada penyebaran virus itu jadi tambah sepi," tutur Hasan.

Baca Juga: Kentang Bisa Cegah 3 Penyakit Mematikan, Begini Cara Konsumsi yang Tepat!

Seminggu setelah kepulangannya ke Indonesia, Hasan menerima informasi dari rekannya yang menyebut kondisi Wuhan semakin parah.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest