Ini Deretan Musisi-musisi Indonesia yang Udah Dikenal Internasional

Sabtu, 09 Maret 2019 | 12:00
instagram.com/burgerkillofficial

Burgerkill

HAI-online.com -Musisi Indonesia nggak cuma jago kandang. Terbukti, sudah cukup banyak penyanyi maupun band yang telah memamerkan karyanya di kancah musik internasional.

Bukan perkara mudah untuk bisa dikenal internasional. Namun, para musisi ini telah membuktikan bahwa mereka mampu, dan mereka juga turut mengharumkan nama Indonesia di dunia.

Untuk merayakan Hari Musik Nasional,HAI akan bagikanbeberapa musisi Indonesia yang udah dikenal secara internasional. Simak langsung di bawah ini:

Baca Juga : Pecahan 'Sendu Melagu' Bakal Muncul di Album Kedua Barasuara

Agnez Mo

Instagram / agnezmo
Instagram / agnezmo

Agnez Mo

Mengawali karirnya sebagai penyanyi cilik, Agnes Monica yang kini dikenal sebagai Agnez Mo, adalah salah satu penyanyi Indonesia yang cukup ambisius untuk berkarir secara internasional.

Dalam Album keduanya yang berjudul'Whaddup A'..?!'di tahun2005, Agnez berkolaborasi dengan penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin. Album-album setelahnya pun dirilis oleh label musik Amerika Serikat.

Ia juga kerap menggandeng musisi internasional untuk bekerja sama,seperti Michael Bolton, Timbaland, dan yang terbaru adalah Chris Brown untuk lagu berjudul "Overdose".

Baca Juga : Gara-Gara Film 'Leaving Neverland', Lagu Michael Jackson Kini Dicekal

Anggun C. Sasmi

Christian Kretschmar
Christian Kretschmar

Anggun C. Sasmi

Namanya tentu udah nggak asing lagi di industri musik Indonesia.Di tahun 1994,Anggun memutuskan untuk meninggalkanIndonesia dan mengejar cita-citanya menjadi penyanyi internasional.

Album internasional pertamanya,Snow on the Sahara,sukses di berbagai negara. Album tersebut dirilis di 33 negara dan telah diterjemahkan dalam 3 bahasa: Indonesia, Inggris dan Perancis.

Ia juga berhasil meraihsejumlah penghargaan, di antaranya anugerah prestisius dari Prancis 'Chevalier des Arts et Lettres' dan 'World's Best Selling Indonesian Artist' dari World Music Awards.

Burgerkill

instagram.com/burgerkillofficial
instagram.com/burgerkillofficial

Burgerkill

Band ini pernah satu panggung sama band-band metal cadas papan atas seperti Lamb of God, All That Remains hingga In Flames di Soundwave 2009, Perth, Australia.

Mereka juga sudah pernah memenangkan penghargaan Metal Hammer Golden Gods Award pada tahun 2013. Pada penghargaan itu, Black Sabbath juga menjadi pemenangnya dalam Best Album Award dan Best UK Band Award.

Burgerkill juga pernah tampil di salah satu festival musik metal terbesar, yaitu Wacken Open Air Festival di Jerman tahun 2015.

Baca Juga : Butuh 13 Tahun untuk Rilis 'agterplaas', Ini Alasan dari The Adams

Gugun Blues Shelter

Instagram / gbluesshelter
Instagram / gbluesshelter

Gugun Blues Shelter

Trioblues ini punyaisejumlah prestasi sejak mereka mulai berkarir. Mulai memenangi kompetisi tingkat internasional,sampai tampil sebagai band Indonesia dan Asia Tenggara pertama di festival musik terbesar di dunia, Hyde Park, London, Inggris.

GBS bergabung di bawah naungan Grooveyard Record, sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di Amerika. Album-album mereka juga telah dirilis di sana dan hanya dipasarkan di Amerika dan Eropa.

GBS juga pernah satu panggung dengan berbagai musisi kelas dunia dunia seperti The Killers, Rod Stewart, hingga Bon Jovi.

Joey Alexander

Tribunnews/JEPRIMA
Tribunnews/JEPRIMA

Joey Alexander

Bocah ajaib bernama lengkapJoey AlexanderSila ini sukses mendapat perhatian setelah namanya sukses tercantum sebagai salah satu nominee dalam ajang musik bergengsi, Grammy Awards yangke-58.

Bocah kelahiran Bali itu sukses masuk ke dalam dua nominasi sekaligus. Albumnya,My Favorite Things,masuk di kategori Best Jazz Instrumental Album, bersaing dengan jazzer senior, John Scofield. Namanya juga muncul di kategori Best Improvised Jazz Solo buat laguGiant Steps.

Joey kemudian tampil dalam ajang Grammy Awards di tahun 2016. Itu membuatnya menjadi musisi Indonesia pertama sekaligus termuda yang pernah tampil dalam ajang bergengsi tersebut.

Baca Juga : Keseruan Konser Peluncuran 'agterplaas' dari The Adams dalam Foto-foto

Mocca

Instagram / moccaofficial
Instagram / moccaofficial

Mocca

Sentuhan musik swing jazz, pop, dannuansa 60-an jadi ciri band asal Bandung ini. Lagu-lagu dengan lirik bahasa Inggris merupakan poin plus yang membuatmerekadigemari khalayak luar negeri.

Salah satu perusahaan rekaman di Jepang mengontrak Mocca untuk memasukan satu lagu dalam album besutan mereka. Bahkan ada juga iklan di Korea yang menggunakan lagu Mocca dan sangat disukai.

Album debut mereka diriliskembalioleh label asal Singapura, Fruits Records di tahun 2005. Setelah itu, album tersebut dirilis juga oleh label Malaysia, Jepang dan Korea.

Rich Brian

88rising

Rich Brian

Brian Immanuel mulai dikenal internasional lewat media sosial ketika merilis lagu "Dat $tick" yang saat itu masih menggunakan nama Rich Chigga di tahun 2016. Lagunya tersebut kemudian diulas beberapa musisi rap/hip-hop internasional.

Semenjak itu, ia kemudian memutuskan untuk menetap dan berkarir di Amerika Serikat dan mengubah nama panggungnya menjadi Rich Brian. Nggak lama setelah itu, ia merilis album studio pertamanya yang berjudul Amen di tahun 2018.

Album tersebut membuatnya menjadi musisi Asia pertama yang pernah menduduki posisi pertama di chart Hip Hop iTunes.

Baca Juga : Mengenal Judul Album Ketiga The Adams, 'agterplaas'. Apa Artinya?

Senyawa

Instagram / senyawa_musik
Instagram / senyawa_musik

Senyawa

Duo eksperimental asal Yogyakarta ini mungkin memang kurang dikenal di negaranya sendiri. Namun,Senyawayang beranggotakan Rully Shabara dan Wukir Suryadi ini cukup sering manggung di luar negeri, mulai dari Amerika Serikat, Perancis, hingga Belanda.

Nggak cuma manggung, mereka juga rajin kolaborasi dengan musisi-musisi internasional, baik secara live ataupun direkam.

Mereka secara khusus diajak untuk tampil diMichelberger Music Festival, Jerman,tahun 2016 lalu oleh Bon Iver (Justin Vernon) yang menjadi kurator festival tersebut. Penonton luar negeri juga banyak yang kagum dengan musik dan penampilan mereka.

The S.I.G.I.T.

Instagram / thesigit_
Instagram / thesigit_

The S.I.G.I.T.

TheS.I.G.I.T. yang merupakan kependekan dari The Super Insurgent Group of Intemperance Talent telah aktif bermusik sejak awal tahun 2000-an. Pada saat itu, mereka memanfaatkaninternet sebagai media penyebaran dan promosi lagu-lagunya, sepertimyspace, friendster, facebook,dan lainnya.

Lewat internet pula, mereka berhasil ditemukan oleh salah satu pemilik label di Australia yang kemudian menawari mereka untuk membuat albumThe S.I.G.I.T.

Hal ini lah yang kemudian membuat musik TheS.I.G.I.T. digemari dan punya banyak fans di luar negeri, khususnya Australia. Selain Australia, mereka juga pernah manggung di beberapa negara seperti Singapura, dan Amerika Serikat.

Baca Juga : Oscar Lolang Rilis Lagu Berjudul

White Shoes & the Couples Company

Agung Hartamurti
Agung Hartamurti

White Shoes & the Couples Company

Grup beraliran pop/funk/jazz asal Jakarta ini telah berkarir sekitar 17 tahun. Album self titled mereka tahun 2005 pernah dirilis ulang oleh label rekaman asal Amerika, Minty Fresh. Prestasi ini membuatnya dicatat MURI sebagai band Indonesia pertama yang dikontak oleh label rekaman Amerika.

Kemudia, tahun 2007 mereka merilis album kedua yang berjudul Skenario Masa Muda. Album ini dirilis di lima negara, yaitu Amerika, Kanada, Mexico, Australia, dan Jepang.

Mereka juga beberapa kali tampil di luar negeri, seperti pada 2015 lalu WSATCC tampil di Modern Sky Festival, di Helsinki. Ini merupakan kali kedua mereka tampil di ibukota Finlandia tersebut.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya