Follow Us

Bikin Memory Pintar, Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Asia Pasifik

HAI Internship - Selasa, 11 September 2018 | 13:04
Clarissa Merry dan Rivaldo Gurky
Schneider

Clarissa Merry dan Rivaldo Gurky

HAI-Online.com - Kabar bahagia datang lagi nih dari tim Indonesia yang bertanding di ajang Schneider Electric Go Green in The City yang diadakan sama Schneider Electric.

Tim RISE yang beranggotakan Clarissa Merry dan Rivaldo Gurky bakal melaju ke babak Grand Final kompetisi ini setelah sebelumnya berhasil menjuarai kompetisi Go Green in The City (GGITC) tingkat Asia Pasifik setelah mengalahkan 15 negara, sob.

Selain menjuarai kompetisi di tingkat Asia Pasifik, ternyata proyek yang digagas sama Tim RISE ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah Indonesia dan bakalan didanai sama Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia lho.

Baca Juga : 5 Fakta Naomi Osaka, Petenis 20 Tahun yang Jadi Juara di Grand Slam

Konsep SMART

Konsep ide yang dibuat sama Tim RISE berjudul "Smart Memory Alloy for Reliable Trackers (SMART)".

Proyek RISE ini adalah jawaban buat permasalahan kebutuhan sumber energi alternatif dan pemerataan akses listrik di area rural.

Caranya adalah dengan memaksimalkan penyerapan tenaga matahari pake sistem panel surya yang bisa fleksibel bergerak ngikutin arah gerak matahari. Wah, gila sih keren banget ya, sob.

Nggak hanya itu, proyek SMART ini katanya sih bisa meningkatkan energi listrik yang dihasirkan dari tenaga matahari. Peningkatannya sampai 18% lebih banyak dibandingkan sama sistem panel surya konvensional.

Dan dengan peningkatan ini, diperkirakan bisa menghasilkan energi listrik sampai 31,6 MWh, atau bisa juga menghidupkan 2300 rumah tangga dengan konsumsi listrik rata-rata per harinya sekitar 13,6kWh.

Tim RISE yang berasal dari Universitas Indonesia ini nantinya bakal dikirim untuk ikut babak Grand Final di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada November 2018 mendatang.

Tim RISE bakal berhadapan sama 10 finalis perwakilan dari Eropa, China, India, Timur Tengah, dan Afrika.

Kita doakan semoga mereka menang dan bisa membuat Indonesia lebih bangga lagi ya! (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/HAI

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest