Follow Us

Breaking News

Keren, Pelajar SMA Ini Raih Emas di Kompetisi Seni Internasional

HAI Internship - Senin, 13 Agustus 2018 | 13:23
Delegasi Indonesia bersama Duta Besar RI untuk Jepang
Dok. Kemendikbud

Delegasi Indonesia bersama Duta Besar RI untuk Jepang

HAI-Online.com - Nama Indonesia kembali muncul di ajang kompetisi internasional. Kali ini giliran Mujahid Afif A.E. dari SMA Modal Bangsa Aceh yang meraih medali emas di The International Foundation for Arts and Culture (IFAC) yang dilaksanakan di Jepang, 5-10 Agustus 2018.

Kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-19 ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas di bidang seni khususnya poster, lukisan dan kaligrafi, serta menambah pengalaman seni dan budaya untuk para siswa pendidikan menengah lintas negara.

Kompetisi tahun ini diikuti sama 18 negara dari 3 benua untuk kategori poster dan lukisan.

BACA JUGA: Keren Abis! Mahasiswa ITB ini Raih Emas di Kompetisi Matematika Internasional

Untuk diketahyi saja, bahwa setiap negara kemudian harus memilih maksimal 6 nominasi karya terbaik untuk dikirim ke pihak IFAC. Setelahnya, setiap negara kemudian diundang hadir pada acara pameran dan penganugerahan pemenang.

Enam nominasi itu adalah karya pemenang di kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2017, sob.

Nantinya karya yang sudah masuk, bakal dipamerin di National Art Center Tokyo berbarengan sama karya kaligrafi dari siswa SMA Jepang lainnya.

Medali emas yang diraih sama delegasi Indonesia ini jadi kebanggaan tersendiri, terutama buat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Selain di bidang sains, kita harus mengembangkan bidang lain seperti seni budaya dan olahraga sesuai dengan prinsi olah pikir, olah rasa, olah hati, dan olah raga," jelas Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Purwadi Sutanto.

Mujahid Afif sang peraih emas juga merasa bangga banget atas apa yang diraihnya.

Ia berharap kegiatan kayak gini bisa terus dilanjutkan karena ia merasa kompetisi ini, baik di bidang seni, sains, maupun olahraga, bakalan bermanfaat banget. Bukan cuman buat jangka pendek aja, tapi juga jangka panjang. (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/ HAI

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular