Follow Us

5 Fakta MI6, Organisasinya James Bond Dunia Nyata yang Nggak Banyak Diketahui

Agung Mustika - Selasa, 22 Mei 2018 | 11:15
Ini Fakta MI6 yang Nggak Banyak Orang Tahu
moviehype.com

Ini Fakta MI6 yang Nggak Banyak Orang Tahu

HAI-Online.com - Buat lo yang ngaku pecinta film action, pastinya nggak asing sama film action klasik macam James Bond. Yap, film yang nyeritain tentang keberanian secret agent berkode 007 itu emang selalu menyita perhatian.

Sebagaimana yang kita tahu, James Bond sendiri bekerja di secret service terbaik Inggris (bahkan dunia) bernama MI6. FYI, MI6 ini beneran ada, lho, bukan cuma film.

Dengan motto Semper Ocultus yang artinya 'selalu rahasia', MI6 ngejalanin tugasnya sebagai salah satu badan intelijen Inggris.

Penasaran kan soal 'rahasia' MI6? Dilansir dari Watch Mojo, berikut 5 fakta soal MI6 yang nggak banyak orang tahu. Cekidot!

1. Markas MI6

Markas MI6
Pinterest

Markas MI6

Buat yang ngefans sama film James Bond, pastinya tahu sama markas MI6 yang muncul di film The World is Not Enough dan Skyfall. Well, bangunan itu nggak cuma ada di film dan beneran di pakai buat operasi MI6.

Dipakai sebagai markas MI6 sejak 1995, bangunan itu berada di Vauxhall Cross, Singai Thames, kota London. Sebagian besar aktivitas MI6 berbasis underground alias di bawah tanah.

FYI, gedung itu pake tiga lapis kaca buat pertahanan. Gedung itu juga punya terowongan buat ke arah Whitehall. Gedung itu juga pernah jadi target pengeboman antara lain peluncuran roket tahun 2000 dan bom parcel saat 2007.

2. Inggris nggak cuma punya MI6

Sebagaimana yang lo tahu, MI6 nggak bergerak sendirian sebagai badan keamanan negara Inggris. Ada juga MI5 yang juga bekerja sama dengan MI6. Tapi dua organisasi itu punya fokus yang berbeda, sob!

Baik MI6 dan MI5 punya lembaga-lembaga lain yang mereka bawahi, macam MI7, MI4, dan MI2. MI2 punya fokus sebagai intelijen Rusia dan Skandinavia, MI4 punya tugas mengintai jalur udara Inggris, sedangkan MI7 yang ngurusin propaganda.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest