Follow Us

Pengen Modif Motor Retro? Ini Dia Budget yang Perlu Disiapkan

- Kamis, 05 April 2018 | 13:30
Ini Kisaran Biaya Kalo Pengen Modifikasi Motor Retro
Hai Online

Ini Kisaran Biaya Kalo Pengen Modifikasi Motor Retro

HAI-Online.com - Tingginya angka permintaan buat motor-motor keluaran anyar, nyatanya nggak membunuh selera modifikasi motor jadul (jaman dulu). Apalagi yang modifikasi model retro. Kesannya yang klasik dan antik, bikin modifikasi ini justru mulai banyak digandrungi anak-anak muda.

Sepeda motor khas retro biasanya punya ciri khas tersendiri, nih, di beberapa bagian motor. Mulai dari lampu depan,tangki bensin, jok, sampai bagian ekor. Toko-toko aksesoris motor retro pun perlahan mulai menjamur. Biar orang-orang yang kangen motor klasik berkeliaran lagi makin banyak bos!

UDAH TAU BELUM? Berapa Harga Logo Satu Hati di Motor Honda untuk MotoGP?

Contohnya kayak di Central Classic Custom di Jalan Bukit Cinere Raya, Gandul, Depok; ataupun Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Dilansir dari Kompas.com, dua bengkel ini nyediain banyak aksesoris motor ala retro. Mulai dari batok lampu, tangki, jok hingga buntut dan rangka belakang. Cuma harga itu nggak termasuk jasa pemasangan.

Di Mr Classic, batok lampu dijual mulai harga Rp 110.000 hingga Rp 800.000. Sedangkan di Central Classic dijual pada kisaran harga Rp 70.000 hingga Rp 500.000.

Buat tangki bensin, juga ada pilihan harga yang bervariasi. Rentang harga yang dijual baik di Mr Classic maupun Central Classic nggak jauh beda. Kisaran Rp 250.000 hingga Rp 350.000 buat yang belum dicat. Sedangkan buat yang udah dicat dijual pada kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 600.000.

Aksesori lainnya yang perlu juga, nih, buat motor retro adalah rangka belakang yang dijual pada kisaran harga Rp 35.000-75.000. Rangka belakang motor retro dibikin pendek. Jadi posisi tempat duduk pengemudi dan "boncenger" bakalan sama tinggi.

Aksesoris motor klasik
Buat yang pengen bentuk cafe racer murni, ada, nih, model ekor hornet alias buntut tawon. Di Central Classic, harga buntut tawon dibanderol Rp 175.000. Sedangkan di Mr Classic dijual dengan kisaran harga Rp 185.000 sampai Rp 195.000.

Meski pun dijual terpisah, rangka belakang, ukuran jok dan buntut udah cocok satu sama lain. Buat jok, harganya kisaran 165.000-175.000 khusus yang custom, dan Rp 200.000 buat yang klasik.

Penanggung jawab toko Mr Classic, Jeremia Manafe bilang tokonya cukup sering didatangi para konsumen yang membeli dalam jumlah kecil. Barang-barang yang biasanya dicari adalah batok lampu, stop lampu, sein ataupun jok. "Biasanya bagi yang cepat bosan pasti cepat ganti aksesori," kata Jeremia, Senin (26/2/2018).

Mr Classic nggak melayani pemasangan aksesori dalam jumlah satuan. Jasa pemasangan baru dilakukan untuk pembeli dalam jumlah besar yang pengen modifikasi motor secara total.

Beda sama di Central Classic. Di tempat ini, pembeli aksesoris dalam jumlah satuan juga bisa dilayani jasa pemasangan. Tapi bukan di toko. Melainkan di bengkel mereka yang berlokasi di wilayah Tanah Baru, masih di Depok. "Untuk pemasangan ongkosnya tergantung spare part apa dulu yang mau dipasang. Kalau seperti lampu-lampu, dari mulai lampu depan, lampu belakang sampai lampu sein biasanya Rp 100.000," kata pemilik toko Centra Classic, Nolavander.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul artikel "Ingin Modif Motor Retro, Ini Daftar Harga Aksesorinya"

Source : Kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest