Follow Us

Waduh, 5 Film Hollywood Ini "Nyontek" Anime

Alvin Bahar - Rabu, 15 Februari 2017 | 12:00
Film Hollywood Yang

Film Hollywood Yang

Siapa bilang anime cuma buat bocah? Salah berat! Anime juga ada yang ceritanya berat, sadis, dewasa, nggak kalah deh sama film Hollywood. Bahkan, ada 5 film Hollywood yang "nyontek" anime juga lho.

Nyonteknya dikasih tanda kutip, karena nggak semuanya bener-bener ngejiplak. Ada yang memang ngaku terinspirasi, ada juga yang cuma mirip-mirip aja. Tapi ada juga sih, yang kelihatan terang-terangan nyontek, tapi nggak ngaku..

Yap, kemiripan antar satu hal dengan hal lain emang sering terjadi. Entah disengaja atau nggak, atau hanya terinspirasi, atau memang beneran jiplak. Bahkan ada yang bilang orisinalitas itu nggak ada.

Penasaran kan sama 5 film Hollywood yang "nyontek" anime? Cek aja nih...

1. Inception (2010) – Paprika (2006)

Dua film ini sama-sama bercerita tentang mimpi yang mirip kenyataan. Tapi bedanya inception punya alat yang bisa ngebuat seseorang masuk ke dalam mimpi yang sama terus ngebuat mimpi dalam mimpi, sedangkan Paprika punya alat yang bisa ngelihat dan ngatur mimpi seseorang.

Nggak cuma adanya beberapa adegan yang mirip tapi karakternya juga hampir sama. Tapi Inception nggak jiplak kok. Soalnya sutradaranya sendiri (Christopher Nolan) mengaku bahwa karya buatan Satoshi Kon tersebut mempengaruhi film Inception.

2. Black Swan (2010) & Requiem for a Dream (2000) - Perfect Blue (1998)

Anime karya Satoshi Kon memang selalu mengejutkan dan penuh dengan plot twist. Dan lagi-lagi, karyanya yang berjudul Perfect Blue ditiru film Hollywood.

Bedanya Perfect Blue dengan Black Swan, yang satu tentang Balerina yang satunya lagi tentang idol. Ceritanya sih sama, tentang kehidupan mereka yang tiba-tiba kacau ketika merintis karier baru mereka. Sayangnya sang sutradara Black Swan nggak merasa nge-remake Perfect Blue tuh. Sebelumnya juga di film garapannya Darren Aronofsky, Requiem for a Dream juga menggunakan salah satu adegan yang sama di Perfect Blue.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest