Follow Us

Pelajar Bawa Motor ke Sekolah Disanksi Nggak Naik Kelas Lho!

- Senin, 01 Agustus 2016 | 08:45
Di kota ini, ada aturan kalo pelajar bawa motor ke sekolah!
Hai Online

Di kota ini, ada aturan kalo pelajar bawa motor ke sekolah!

Tepatnya di daerah Purwakarta, pelajar yang berangkat sekolahnya menggunakan sepeda motor tanpa alasan jelas akan disanksi tidak naik kelas.

Aturan ini datang dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi usai mengunjungi SMKN 1 Purwakarta, Senin pagi tadi.

"Kami sudah mengeluarkan surat edaran mengenai hal tersebut. Sanksi terberat (bagi pelajar yang bawa motor ke sekolah) adalah tidak naik kelas," ujar Dedi, Senin (1/8/2016).

Namun, sebelum diberikan sanksi tidak naik kelas, pelajar yang membawa motor ke sekolah akan diberikan surat peringatan satu hingga ketiga. Jika masih nekat mebawa motor, tidak ada jalan lain, siswa disanksi tinggal kelas alias tidak akan dinaikkan.

Sanksi tegas ini, sambung Dedi dikeluarkan untuk mengantisipasi hal-hal buruk seperti yang pernah terjadi pada Fitra Gema Ramadan (16). Fitra menabrak lima orang penyebrang jalan, satu di antaranya meninggal. Yakni Vivilia Apidah (6) siswi kelas 1 SDN Sukajaya 2.

"Kenapa harus menunggu ada korban dulu, baru peraturan ditaati. Padahal peraturan larangan siswa membawa kendaraan sudah lama," ucapnya kembali menegaskan terkait kebijakan Pemkab Purwakarta yang telah dikeluarkan sebelumnya tentang larangan anak di bawah umur mengendarai kendaraan sepeda motor. Untuk mengoptimalkan kebijakan tersebut, pihaknya akan mengirimkan surat edaran ke tiap sekolah di Purwakarta. Kalo ada pihak sekolah atau guru yang tidak mengindahkan aturan tersebut, dinas pendidikan Purwakarta akan menunda kenaikan pangkat mereka. Waduh!

"Sanksi bukan hanya diberikan pada siswa. Orang tua juga akan mendapatkan teguran. Begitu pun sekolah akan mendapatkan sanksi," tuturnya.

Gimana menurut kalian, akankah kebijakan ini memberatkan siswa, apalagi jika diperlakukan untuk semua sekolah? Komentar di bawah ya!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest