Follow Us

Masih 14 Tahun, Bocah Ini Berhasil Bikin Reaktor Nuklir di Kamar

Bayu Galih Permana - Selasa, 26 Februari 2019 | 15:00
Jackson Oswalt
Fox News

Jackson Oswalt

HAI-Online.com - Seorang bocah asal Memphis, Jackson Oswalt belakangan tengah menjadi bahan perbincangan banyak orang, dan dianggap sebagai salah satu ilmuwan temuda di Amerika setelah berhasil membuat sebuah reaktor nuklir.

Menariknya, Jackson berhasil membangun reaktor nuklir yang dibuat dari mesin penyedot dan juga pompa tersebut di dalam kamar tidurnya, keren kan?

Seperti yang dilansir HAI dari Evening Standard, ide penggarapan proyek reaktor nuklir tersebut bermula saat dirinya terpesona dengan informasi terkait nuklir di internet, saat doi masih berusia 12 tahun.

Dari situlah, bocah yang saat ini udah berumur 14 tahun tersebut memulai penggarapan proyek miliknya dengan mencari bahan-bahan dari eBay, berbekal ilmu yang dia pelajari dari sejumlah pembuat reaktor nuklir lain.

Baca Juga : Minta Tolong Editin Foto, Diplo Malah Dikerjaiin Sama John Mayer

Jackson mengaku bahwa dia harus memodifikasi reaktor nuklir buatannya karena sering mendapatkan suku cadang yang nggak sesuai dengan kebutuhannya.

"Jadi, aku harus memodifikasinya agar sesuai," terang Jackson dalam wawancaranya dengan Fox News.

Ayah dari Jackson, Chris Oswalt mengatakan bahwa anaknya mengerjakan proyek dengan cara berdiskusi dengan fisikawan amatir di forum internet, bahkan tanpa bantuan dari buku apapun.

"Aku kira bakal ada ketidakpercayaan soal apa yang dikerjakan Jackson hingga mereka melihat dengan mata kepala sendiri," terang Chris kepada USA Today.

Untuk menyelesaikan proyek reaktor nuklir miliknya, Jackson dikabarkan mendapat suntikan dana mencapai 10 ribu dolar AS (Rp 140,4 juta) dari kedua orang tuanya.

Namun, hingga kini para ilmuwan belum juga mengakui reaktor nuklir dari Jackson sebelum karya tersebut diuji organisasi resmi serta dipublikasikan melalui jurnal ilmiah.

Salut deh buat Jackson! Kalau kalian sendiri gimana sob, umur 14 tahun udah berhasil menciptakan apa nih? (*)

Source : Evening Standard

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest