Follow Us

Sukses Meluncur ke Orbit, Berikut 4 Fakta Satelit Nusantara Satu

Bayu Galih Permana - Selasa, 26 Februari 2019 | 11:59
Peluncuran Satelit Nusantara Satu.
YouTube / SpaceX

Peluncuran Satelit Nusantara Satu.

HAI-Online.com - Setelah bekerja dengan keras dan melewati proses panjang, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) akhirnya beberapa waktu lalu telah berhasil meluncurkan Satelit Nusantara Satu menuju orbitnya.

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com, kabar mengenai peluncuran Satelit Nusantara Satu disampaikan secara langsung oleh Heru Dwikantono selaku Direktur Jaringan PT PSN di Jakarta pada Jumat lalu (22/2).

“Berkat kerja keras kita semua Satelit Nusantara Satu berhasil diluncurkan, sesuai dengan yang direncanakan. Sekarang sedang proses menempati slot orbitnya,” terang Heru.

Eh, tapi sebenarnya pada tahu nggak sih soal satelit broadband pertama di Indonesia dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) ini?

Baca Juga : Sel Kanker dalam Tubuhnya Sudah Hilang, Roman Reigns Kembali ke WWE

Daripada penasaran, berikut HAI udah ngumpulin 4 fakta terkait Satelit Nusantara Satu dan juga proses peluncurannya.

1. Spesifikasi Satelit Nusantara

Memiliki berat mencapai 4,1 ton, Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band, serta 8 spot beam Ku-band, yang total kapasitas bandwidth -nya mencapai 15 Gbps.

Cakupan C-band dan Extended C-band satelit tersebut meliputi wilayah Asia Tenggara, sementara untuk Ku-Band meliputi seluruh wilayah Indonesia yang terdiri dari 8 Spot Beam pada sistem HTS.

Selain itu, satelit yang diproduksi oleh Space System Loral (SSL) ini menggunakan platform SSL-1300-140 yang sanggup mengorbit selama lebih dari 15 tahun.

2. Fungsi Satelit Nusantara

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest