Follow Us

Ini Alasan Ban Depan Motor Trail Lebih Besar dari yang Belakang

Bayu Galih Permana - Jumat, 22 Februari 2019 | 19:00
Ilustrasi Motor Trail
Kompas.com / Aditya Maulana

Ilustrasi Motor Trail

HAI-Online.com - Pasti udah pada tahu kan ya kalau sebagian besar sepeda motor memiliki ban depan dengan ukuran lebih kecil jika dibandingkan bagian belakang, bener nggak? Namun, hal itu nggak berlaku buat motor jenis trail.

Jika diperhatikan lebih teliti, motor trail ternyata memiliki ban depan dengan ukuran yang jauh lebih besar ketimbang bagian belakangnya lho sob.

Buat contoh aja nih, ukuran ban pada Honda CRF 150L yang bagian depan menggunakan 2.75-21/45SP, dan belakang 4.11-85, di sisi lain KLX 150, ban depan 70/100-19M/C 42P, sedangkan belakang 90/200-16M/C 51P.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, pemilihan ukuran ban depan yang jauh lebih besar jika dibandingkan bagian belakang pada motor trail ternyata memiliki sejumlah alasan tersendiri.

Baca Juga : Link Live Streaming Piala AFF U-22 Timnas Indonesia vs Kamboja - Garuda Muda Wajib Menang!

Departemen Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia (Surindo/Dunlop Indonesia), Ibnu Baskoro mengatakan bahwa pemilihan ukuran ban depan yang lebih besar pada motor jenis trail memiliki tujuan untuk meredam kejutan.

"Tujuan utamanya untuk meredam kejutannya, karena beban terpaku pada bagian depan, dan ban belakang membantu ketika motor mau belok," terang Ibnu saat dihubungi, Kamis (21/2).

Selain itu, pemilihan ban dengan ukuran besar juga digunakan untuk menunjang penggunaan shock bagian depan motor trail yang lebih panjang apabila dibandingkan sepeda motor pada umumnya, sehingga bisa membuat manuver di lintasan off-road lebih stabil.

"Jadi agar lebih mudah dan tentunya seimbang serta kuat ketika melakukan akselerasi di jalur-jalur tanah atau berlubang," tambah Ibnu.

Oalah, jadi itu alasannya! Siapa di antara kalian yang selama ini menjadi pengguna motor trail, tapi baru tau alasannya? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest