Follow Us

Sebelum Nirvana Meledak, Tahun 60'an Ternyata Juga Ada Band Bernama Nirvana

Bayu Galih Permana - Rabu, 20 Februari 2019 | 14:00
Band Inggris bernama Nirvana
Eight Miles Higher

Band Inggris bernama Nirvana

HAI-Online.com - Buat kalian anak tahun 90'an, masih pada inget nggak kalau pada tahun 1991 ada grup band grunge asal Amerika Serikat, Nirvana yang namanya meledak berkat lagu 'Smells Like Teen Spirit'?

Kala itu, single pertama dari Kurt Cobain dan kawan-kawan yang berasal dari album Nevermind tersebut secara mengejutkan berhasil memuncaki tangga lagu berbagai acara musik di televisi maupun radio.

Bahkan, penjualan dari album kedua Nirvana tersebut berhasil mencapai angka 400 ribu kopi per minggu pada Natal 1991, dan menggeser album Michael Jackson 'Dangerous' dari puncak tangga lagu Billboard.

Di balik kesuksesan yang berhasil diraih oleh Dave Grohl cs kala itu, pada tahu nggak kalau tahun 60'an udah ada grup pop rock asal Inggris yang terlebih dahulu menggunakan nama Nirvana?

Baca Juga : Ucapan Ulang Tahun Termanis untuk Kurt Cobain dari Masa ke Masa

Digawangi oleh musisi Irlandia, Patrick Campbell-Lyons dan komposer Yunani, Alex Spyropoulos, Nirvana asal Inggris ini merilis album pertama dengan judul The Story of Simon Simopath pada Oktober 1967.

Sayangnya, nama Nirvana kurang begitu bersinar karena mereka nggak bisa melakukan promosi album melalui konser ataupun televisi karena band tersebut hanya diisi oleh dua orang personil aja, sedangkan kala itu musisi dituntut bermain musik secara live.

Hingga akhirnya, Campbell-Lyons dan Spyropoulos pun memutuskan untuk merekrut empat orang personel tambahan supaya band mereka bisa mengadakan konser serta mengisi acara televisi, di antaranya Ray Singer (gitar), Brian Henderson (bass), Sylvia A. Schuster (cello), serta Michael Coe (viola).

Namun, usaha tersebut tetap nggak berhasil membawa nama mereka menjadi melambung, sehingga membuat Campbell-Lyons memutuskan untuk mengembalikan konsep awal band tersebut menjadi duo.

Setelah kembali menjadi duo, Nirvana pun sempat kembali merilis dua buah album di antaranya All of Us (1968) dan juga To Markos III (1970), sebelum akhirnya memutuskan untuk bubar pada tahun 1971.

Baca Juga : Ini 5 Band Grunge Masa Kini yang Bawa-Bawa Semangat Kurt Cobain

Pada tahun 1985, duo Nirvana kembali bersatu dan sempat merilis album kompilasi berjudul Black Flower, sebelum akhirnya mengeluarkan dua album lagi, Secret Theatre dan juga Orange and Blue pada tahun 90'an.

Bahkan, mereka sempat terlibat masalah dengan Nirvana versi Kurt Cobain pada tahun 1992 sebelum akhirnya merelakan nama duo mereka dipakai oleh band grunge asal Amerika Serikat tersebut usai mendapat 100 ribu dolar AS. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest