Follow Us

Biar Pada Nggak Bawa Motor Sendiri, Pemda Klungkung Gratiskan Angkot Bagi Pelajar

Bayu Galih Permana - Selasa, 12 Februari 2019 | 12:30
Pemerintah Daerah Klungkung menggratiskan angkutan kota (angkot) bagi para pelajar.
Kompas TV

Pemerintah Daerah Klungkung menggratiskan angkutan kota (angkot) bagi para pelajar.

HAI-Online.com - Program-program yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Klungkung nampaknya perlu diterapkan di daerah lain, salah satunya dengan menggratiskan angkutan kota (angkot) bagi para pelajar.

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas TV, sejak dua tahun terakhir Pemda Klungkung mengubah fungsi angkutan kota dan pedesaan menjadi angkutan gratis bagi para pelajar setempat, dengan menggelontorkan dana 4 miliar rupiah tiap tahunnya.

Penyediaan angkutan gratis untuk pelajar ini disebut sebagai upaya menghentikan pelajar yang selama ini kerap mengendarai motor untuk berangkat menuju sekolah.

Selain itu, program ini juga ditujukan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar dan juga menambah penghasilan bagi supir angkot yang selama ini sepi penumpang.

Baca Juga : Hotman Paris akan Beri Hadiah Uang untuk Guru yang Dihina Siswa SMP Gresik

Dilansir dari Tribunnews, banyaknya trayek yang digunakan untuk menjangkau semua pelajar di seluruh penjuru Klungkung membuat para pelajar menyambut antusias program ini dan memilih untuk memanfaatkan fasilitas.

Bahkan, di kota Semarapura saja ada sekitar 1.180 pelajar yang terlayani dengan angkutan gratis ini pada awal peluncurannya di tahun 2017 lalu.

Wah, salut deh buat Pemerintah Daerah Klungkung! Kira-kira, apakah program serupa perlu juga perlu diterapkan di wilayah-wilayah Indonesia lainnya? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest