Follow Us

5 Kali Lebih Kuat dari Besi, Apa Rahasia Jaring Laba-Laba Ini?

Ricky Nugraha - Kamis, 29 November 2018 | 06:35
Laba-laba Loxosceles reclusa
Rosa Pineda/Wikipedia

Laba-laba Loxosceles reclusa

HAI-Online.com - Jaring laba-laba memang dikenal sebagai salah satu material alami yang kuat, tapi rahasia di balik kekuatannya baru saja terungkap.

Rahasia tersebut terungkap setelah para peneliti dari College of William and Mary mempelajari jaring laba-laba Loxosceles reclusa dengan menggunakan mikroskop gaya atom.

Dari pengamatan, ternyata kekuatan ini berasal dari jumlahnya, dimana setiap helai jaring laba-laba terbuat dari benang nano yang disusun secara paralel.

Tiap helai terbuat dari protein berdiameter kurang dari sepersejuta inci dengan panjang sekitar 50 kali lipat dari lebarnya. Diameter ini ratusan ribu lebih tipis dari rambut manusia loh!

Secara individu, benang-benang nano ini memang lemah, tapi ketika disimpulkan secara khusus, benang laba-laba ini bisa menahan 5 kali lebih banyak beban dibanding besi berukuran sama.

Baca Juga : Setelah Tegang-tegangan, Akhirnya Robot InSight Berhasil Mendarat di Mars

Salah satu anggota tim, Hannes Schniepp, mengatakan, "Kami menduga akan menemukan fibernya sebagai satu massa tunggal, tetapi rupanya benang (laba-laba) lebih mirip seperti kabel kecil."

Ide mengenai jaring laba-laba yang terbuat dari banyak benang nano sebenarnya telah diusulkan sebelumnya. Namun, baru kali ini para peneliti mampu membuktikannya.

Meski begitu, nggak semua laba-laba memiliki struktur benang yang sama. Untuk benang dari L reclusa ini lebih cocok untuk menangkap mangsa yang ada di tanah.

Dengan pemahaman ini, para peneliti pun menciptakan sebuah model struktural yang mungkin bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat material baru. (*)

Source : Kompas.com, Science Alert

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest