Follow Us

Datar? Kuno! Ada Teori Bumi Itu Sebenarnya Berbentuk Donat. Ini Pendapat Para Ahli

Bayu Galih Permana - Kamis, 15 November 2018 | 15:53
Ilustrasi bumi berbentuk donat
Vice

Ilustrasi bumi berbentuk donat

HAI-Online.com - Belum lama kita digemparkan dengan sebuah teori yang mengatakan bahwa bumi tempat kita tinggal memiliki bentuk datar.

Teori flat earth sempat menjadi perdebatan berbagai pihak karena bertentangan dengan apa yang udah diajarkan dan dipahami banyak orang bahwa bumi memiliki bentuk bulat.

Perdebatan belum kelar, eh baru-baru ini muncul sebuah teori bumi memiliki bentuk seperti donat, lengkap dengan sebuah lubang pada bagian tengahnya.

Dilansir dari Astronomy.com, lubang yang membuat bumi seperti bentuk donat ini disebabkan oleh adanya benturan keras dari benda-benda langit di luar angkasa ke badan planet.

Baca Juga : Bukan Cuma Giroud, 5 Bintang Sepak Bola Ini Juga Pernah Main Film

Terus kok lubang di tengah bumi selama ini nggak keliatan?

Jadi, seorang bernama Varaug pada tahun 2012 lalu menjelaskan bahwa lubang ini nggak terlihat oleh mata kita karena tertutupi oleh cahaya melengkung yang mengikuti bentuk donat.

"Cahaya melengkung mengikuti bentuk donat sehingga membuat lubang di bagian tengah nggak bisa terlihat," terang Varaug seperti yang dilansir HAI dari Vice.

Ketika ditanyai banyak orang mengenai adanya gravitasi, Varaug lantas menjawabnya dengan memberikan sebuah analogi donat berselai.

"Bayangin aja donat, donat yang memiliki selai di atasnya. Gravitasi itu seperti halnya selai yang menempel di atas donat," terangnya lebih lanjut.

Teori bumi berbentuk donat
Astronomy.com

Teori bumi berbentuk donat

Source : Kompas.com, vice.com, astronomy.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular