Follow Us

Inilah 8 Skenario Kejadian Kiamat Beserta Penyebabnya Menurut Para Ahli

Ricky Nugraha - Jumat, 09 November 2018 | 12:30
Ilustrasi kiamat
iStockphoto

Ilustrasi kiamat

HAI-online.com - Film-film bertema kiamat memang cukup populer di industri perfilman Hollywood. Hal-hal tentang kiamat pun juga pernah diramalkan segelintir orang sejak dulu kala. Seperti ramalan tentang kiamat di tahun 2012, yang juga sampai diangkat menjadi film layar lebar.

Namun, gimana sih kiamat jika dipandang dari sisi sains? Global Challenges Foundation, sebuah organisasi dengan misi mengurangi isu-isu global yang dihadapi semua orang, membuat laporan tahunan berjudul "Risiko Bencana Global".

Dalam menyusun laporannya, peneliti meninjau berbagai makalah dan berkonsultasi dengan ahlinya. Terkait hal itu, ditemukanlah 8 skenario yang diduga bisa menyebabkan kiamat. Berikut penjelasan singkatnya:

Baca Juga : Hari Kiamat Ternyata Masih Lama Banget, Baru Terjadi Miliaran Tahun Lagi

1. Perang Nuklir

Para ahli memperingatkan, di masa depan kemungkinan akan ada perang nuklir yang lebih dahsyat dibanding beberapa dekade lalu. Senjata tercanggih di masa depan mungkin dapat melenyapkan 80 sampai 90 persen isi bumi, termasuk manusia, dengan radius 1-4 kilometer.

Perang nuklir nggak cuma bisa menghapus kehidupan dan suatu wilayah. Hal ini juga bisa menyisakan penyakit yang disebabkan dari paparan radioaktif.2. Perang biokimia

Dibanding serangan pada umumnya, senjata berbahan biologi dan kimia lebih murah pembuatannya.

Kemajuan teknologi dalam rekayasa genetika dan biologi sintetis memudahkan ilmuwan untuk mengubah mikro-organisme menjadi sesuatu yang memiliki potensi berbahaya.

3. Perubahan iklim

Pada 2015, lebih dari 200 negara menandatangani Perjanjian Iklim Paris (AS mundur dari perjanjian ini tahun lalu) yang mencakup janji untuk menjaga suhu global jauh di bawah 2 derajat Celsius di atas rata-rata pra-industri.

Source : Kompas.com, Newsweek

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest