Follow Us

Melihat Era Baru Kaveh Kanes yang Dimulai di Loanwords Intimate Show

Alvin Bahar - Rabu, 31 Oktober 2018 | 11:00
Kaveh Kanes intimate show
Iqbal Dwiharianto

Kaveh Kanes intimate show

HAI-ONLINE.COM - Guitar Freaks sepertinya masih terlalu besar buat Kaveh Kanes. Atau mungkin mereka hanya salah memilih waktu.Soalnya, acara perilisan album terbaru mereka, Loanwords, pada Sabtu (27/10) cukup sepi dari pengunjung. Terlihat hanya ada 20-an orang yang hadir.Kaveh Kanes sepertinya udah memprediksi hal ini. Poster yang mereka sebar diberi embel-embel “intimate show”, meski bisa dibilang kapasitas Guitar Freaks cukup besar untuk sebuah venue gig.Hadirnya Sharesprings, band indie pop Jakarta yang baru rilis album dan jarang manggung, nampaknya nggak begitu ngebantu buat menyedot penonton.Meski jumlah penonton hanya sedikit, band beranggotakan Asad (vokal), Zaim (gitar), Hafid (bass) tetap berusaha menampilkan yang terbaik.Asad adalah sosok yang paling aktif. Sesekali ia melontarkan bercandaan. Beberapa kali ia bicara tanpa mic, seakan menegaskan kalau ini memang sebuah intimate show.

Nggak jarang juga ia mengajak penonton ikut bernyanyi bersama, meski kebanyakan dari mereka malu-malu.“Ayo dong, tepuk tangan lebih keras,” ucap Asad dari panggung, meminta interaksi lebih besar dari penonton.

Baca Juga : Lewat Anoa Records, Kaveh Kanes Siap Rilis Album Kedua, Loanwords

Kaveh Kanes intimate show
Iqbal Dwiharianto

Kaveh Kanes intimate show

Namun, itulah kelebihan Kaveh Kanes. Mereka selalu jujur, tanpa tendensi. Begitu juga dengan musiknya. Loanwords adalah cara jujur Kaveh Kanes untuk mencoba hal-hal baru, tanpa memaksa untuk menjadi pretensius.Kalau album pertama mereka, Capital, didominasi gitar, kini di Loanwords mereka mencoba fokus pada melodi dan harmoni pada vokal, serta bereksperimen dengan synthesizer sehingga memberikan rasa yang berbeda pada segi penulisan lagu dibandingkan dengan album sebelumnya.Sayangnya, banyak melodi pop “racun” yang ada di Capital nggak dihadirkan lagi di Loanwords, sehingga sejumlah lagu di album ini terdengar serupa dengan yang lain. Meski sepi, terlihat beberapa penonton memang sudah terpicut dengan Loanwords. Beberapa cowok dan cewek terpantau komat-kamit melantunkan lirik dari Ambushed hingga The Fountain.Intimate show dari Kaveh Kanes ditutup dengan berfoto bersama para penonton, yang juga menandari era baru band yang kini bernaung di Anoa Records tersebut.

Kaveh Kanes intimate show
Iqbal Dwiharianto

Kaveh Kanes intimate show

Kaveh Kanes kini hadir dengan format baru, ditemani dengan beberapa musisi pendukung untuk live. Para personel terpisah kota dengan jarak cukup jauh. Asad bahkan telah menikah, yang sepertinya segera disusul para personel lain.Masalah mereka kini bukan hanya kapan latihan dan di mana panggung selanjutnya, tapi juga menyesuaikan jadwal masing-masing personel. Melakoni tur untuk album baru atau sekedar latihan rutin saja tentunya jadi tantangan tersendiri.Toh, beberapa orang yang hadir ke Loanwords intimate show sepertinya bisa jadi alasan kenapa Kaveh Kanes masih terus berkarya.“Terima kasih yang udah datang ke sini, walau malam minggu dan sempat hujan juga. Kalian adalah sosok penting di karier Kaveh Kanes dan akan selalu kami ingat,” papar Asad, setelah lagu terakhir dibawakan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest