Follow Us

Begini Langkah Merencanakan Liburan Nyaman tapi Nggak Bikin Kantong Bolong

Dewi Rachmanita - Senin, 29 Oktober 2018 | 16:00
Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT
HAI/Dewi Rachmanita

Keindahan danau Kelimutu di Flores, NTT

HAI-Online.com - Duh asiknya lihat banyak orang di timeline Instagram pergi travelling ke sana ke mari. Lo juga bisa kok! Asal perencanaannya baik dan nggak asal.

Sebagai anak muda, mesti juga nih perhatiin urusan budget biar travelling nyaman, tapi nggak bikin kantong bolong.

Nggak usah maksain kalau memang budget lo terbatas. Ada kok langkah-langkahnya untuk tetap bisa liburan asik.

Kenny Santana, traveller yang udah ke berbagai tempat kasih langkah-langkah merencanakan liburan nyaman dan tentunya aman di kantong. Doi cerita banyak sob dalam gelaran DBS Lyfe Fest di Idea Fest 2018 Sabtu (27/10) lalu.

Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Film 'Gundala', Dari Ilmuwan Menjadi Penjaga Keamanan

1. Perencanaan matang dari awal

Penting hukumnya emang lo udah punya rencana matang sebelum travelling. Lo udah mengira-ngira bakal ke mana aja saat travelling di destinasi itu.

Perhatikan waktu yang pas, termasuk urusan harga tiket murah kapan aja, promo-promo tiket pesawat, dan lainnya.

Tiket tempat-tempat wisata pun kata Kenny ada baiknya lo beli sedari di Indonesia. Jadi saat travelling ke luar negeri, lo tinggal mengeluarkan uang buat makan dan oleh-oleh.

Makan pun juga bisa lo rencanain dari awal. Mau makan di restoran, cafe, atau minimarket. Jadi ini bisa menyesuaikan budget gitu sob.

Rencanain juga soal akomodasi. Lo mau di hostel, air bnb, atau di rumah saudara/teman. Kalau bisa sih pilih yang ada mesin cucinya biar lo hemat barang bawaan dan nggak bikin bagasi over load.

Kalau nggak ada, bisa kok laundry. Ini menurut Kenny jauh lebih hemat ketimbang bawa banyak baju yang ujung-ujungnya pas pulang malah bikin overload bagasi karena mesti nambah barang belanjaan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest