Follow Us

Menolak Lupa, Ini Tempat-Tempat Bersejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Bayu Galih Permana - Minggu, 28 Oktober 2018 | 09:52
Diorama Kongres Pemuda di Museum Sumpah Pemuda
Kompas/Priyombodo

Diorama Kongres Pemuda di Museum Sumpah Pemuda

HAI-Online.com - Hayo kalian semua pada inget nggak hari ini masyarakat Indonesia memperingati apaan? Kebangetan deh kalo nggak tahu hehe..

Jadi, pada tanggal 28 Oktober kita semua masyarakat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang udah tercetus sejak 90 tahun lalu sob.

Sumpah Pemuda sangat berarti buat negara kita karena dulunya menjadi tonggak semangat bangsa memperjuangkan kemerdekaan, bahkan hingga saat ini.

Baca Juga : Sumpah Mirip Banget! iPhone X KW Ini Cuma Dijual Seharga Rp 4 Jutaan!

Nah, Sumpah Pemuda nggak terlahir semudah yang kalian pikir! Dulunya banyak pertemuan yang dilakukan para pelajar muda untuk merumuskannya dengan berkumpul di tempat-tempat tertentu.

Tempat-tempat yang digunakan sebagai wadah bertemunya para pemuda Indonesia tersebut tentunya memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

Meskipun begitu, dari beberapa tempat pertemuan itu kebanyakan dari kita sekarang cuma tahu satu lokasi aja yaitu Gedung Kramat 106 atau yang saat ini dikenal dengan nama Museum Sumpah Pemuda.

Baca Juga : 7 Fakta Timnas U-19 Indonesia Vs Jepang, Bertanding di Hari Sakral

Menurut pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, setidaknya ada tiga lokasi yang dulunya dijadikan tempat pertemuan untuk rapat sebelum tercetusnya Sumpah Pemuda.

Di mana aja sih tempatnya?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian tiga tempat yang dulunya pernah dijadikan sebagai lokasi berkumpulnya para pemuda Indonesia sebelum akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular