Follow Us

Wa Gila, Bentar Lagi Bakal Ada Gadget Yang Bisa Mengeluarkan 'Aroma' Secara Digital

Ricky Nugraha - Jumat, 26 Oktober 2018 | 11:28
Wa Gila, Bentar Lagi Bakal Ada Gadget Yang Bisa Mengeluarkan 'Aroma' Secara Digital
You Tube Imagineering Institute

HAI-online.com - Pernah kebayang nggak sih kalau suatu saat nanti kita bisa mencium aroma secara online lewat perangkat milik kita? Semisal lagi scrolling Instagram lalu nemu makanan yang enak dan kita bisa mencium aromanya, pasti makin bikin ngiler.

Nah hal ini bukan nggak mungkin akan terjadi di masa depan nanti. Seorang peniliti senior bernama Kasun Karunanayaka bersama timnya di Imagineering Institut di Malaysia, sedang bereksperimen dengan sebuah teknologi untuk mengirimkan "aroma digital" melalui internet.

Karunanayaka mengakui bahwa para ilmuwan telah menemukan cara untuk menginduksi bau secara digital dengan bahan kimia, namun timnya bertujuan untuk menghadirkan nilai "scentimental" hanya dengan penggunaan aliran listrik. Ini memang masih dalam tahap-tahap sangat awal sebelum kemampuan untuk mencium bau suatu konten lewat layar ponsel menjadi suatu hal yang umum.

Sejauh ini, para peneliti mampu mengirimkan "aroma hantu" dengan mendorong kabel tipis ke hidung, yang memungkinkan elektroda untuk menyentuh dan mengkatalisasi neuron di saluran hidung.

Baca Juga : Ini Dia Tempat Terdingin di Alam Semesta, Kutub Utara Sih Cemen

Para partisipan uji coba ini kebanyakan menggambarkan aroma dengan "harum" atau "kimia." Beberapa bahkan dapat mendeteksi bau buah-buahan, manis, kayu-kayuan, atau mint.

Tim peneliti ini mengaku masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum sistem ini berevolusi menjadi suatu yang nyaman bagi pengguna digital.

Pertama, perlu untuk memverifikasi keragaman bau ini, yang mungkin akan dirasa berbeda tergantung pada usia, jenis kelamin, dan ekstremitas biologis seseorang.

Lebih penting lagi, para ilmuwan perlu menemukan cara yang lebih nyaman untuk memulai jaringan bau ini tanpa tabung intrusif.

"Banyak orang ingin berpartisipasi, tetapi setelah satu percobaan mereka pergi, karena mereka nggak tahan," Karunanayaka mengatakan kepada organisasi teknis IEEE . Salah satu solusinya adalah dengan mengurangi kabel dan membuatnya lebih nyaman dan mudah dibentuk. Cara lain adalah dengan menepuk sel-sel pencium hidung sama sekali dan langsung menuju ke otak. Jadi, ini semua masih akan membutuhkan waktu yang cukup lama, sob.

Halaman Selanjutnya

--------------------
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular