Follow Us

Review Album Proper Dose: Usaha The Story So Far untuk Membuat Pop Punk Tetap Menyenangkan

Hai Online - Selasa, 23 Oktober 2018 | 12:36
Cover album Proper Dose dari The Story So Far
Pure Noise

Cover album Proper Dose dari The Story So Far

HAI-ONLINE.COM - Sejak terakhir merilis album self-titled di tahun 2015 silam, band pop punk cukup senior yang berasal dari Walnut Creek, California, Amerika Serikat akhirnya merilis karya anyar yang membuat saya tertarik untuk menyelami album band idola saya yang terbentuk medio 2007.

Sedikit perkenalan sebelum mengulas album ini, The Story So Far telah merilis 4 album studio (termasuk album terbaru Proper Dose) dan satu EP. Mereka bisa dibilang termasuk band yang rajin mengeluarkan karya walaupun rentang pengerjaan album satu ke album yang lain berjarak kurang lebih dua tahun.

Setelah merilis album self-titled di tahun 2015 band ini disibukkan oleh banyak tur dan kesibukan personel lainnya. Sampai-sampai sang vokalis, Parker Cannon, ngomel, “We were so burnt from touring, and playing the same songs over and over again. We knew we had to take a step back and collect ourselves.

Dari kalimat tersebut, tersirat bahwa TSSF bosan dengan musik yang mereka mainkan. Pop punk, kalo boleh jujur, emang gitu-gitu aja. Pengulangan tema dan progresi kord nggak bisa dihindarkan.

Ambisi TSSF untuk membuat pop punk tetap menyenangkan pun lahir. Mereka pun menyisihkan waktu untuk mengisi ulang energi, dan mengumpulkan ide-ide untuk materi baru.

Baca Juga: Walau Super Sibuk, Para Atlet Pelajar Ini Punya Prestasi Mengagumkan

Akhirnya pada tanggal 21 September lewat label Pure Noise Records, TSSF merilis album baru bertajuk ‘Proper Dose’.

Proper Dose berisi 11 track yang siap menemani segala aktivitas kalian dari kejamnya sekolah, jatuh cinta, atau kelamnya kehidupan. Proper Dose memberikan pendengar sebuah pengalaman penuh, dengan seluruh bagian tengah dipersembahkan untuk lagu-lagu paling bikin ‘melek’ dan juga bisa bikin kantuk.

Album ini juga punya tone gitar jauh lebih bersih daripada album sebelumnya, track seperti ‘Keep This Up’ dan ‘If I Fall’ menampilkan beberapa lead gitar paling menyenangkan yang pernah saya dengar selama mengikuti band ini.

Ketukan Drum yang menonjol dari drummer Ryan Torf dengan mudah merasuk di telinga. The Story So Far juga bermain-main dengan sound baru, terbukti di track ‘Out Of It’ sedikit disusun kembali dan mixing yang berbeda dengan Parker bernyanyi lebih dari berteriak dan instrumen yang datang dipadu timing yang pas membuat track ini jadi jagoan di album ini.

Track ‘Line’ dan ‘Growing On You’ nggak diragukan lagi adalah dua track yang menurut saya menjanjikan untuk didengarkan di kala santai/melepas penat buat tidur. Pemicunya adalah vokal Parker yang begitu memudar dan lebih dingin dan juga lebih tinggi.

Saya beranggapan bahwa jika The Story So Far pernah berusaha menulis full album sebelumnya dengan patokan lagu berjudul ‘Phantom’ dari album self-titled (2015), mereka bakal melakukannya dengan sempuna. Saya langsung suka waktu pertama kali dengar Proper Dose, imajinasi saya tepat pada sasaran.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest