Follow Us

Punya Penghasilan Lebih Kecil, Pajak Ed Sheeran Ternyata Lebih Besar dari Amazon

Bayu Galih Permana - Minggu, 14 Oktober 2018 | 18:00
Ed Sheeran
Instagram / teddysphotos

Ed Sheeran

HAI-Online.com - Siapa sih di antara kalian yang nggak pernah denger nama Ed Sheeran?

Pasti udah pada tahu semua kan, apalagi lagu-lagu dari penyanyi asal Inggris satu ini enak banget buat didengerin.

Nggak heran juga kalo kini penyanyi berusia 27 tahun itu punya banyak penggemar dan sering ngadain tur-tur ke luar negaranya untuk menghibur fansnya sekaligus mengais rezeki.

Nggak cuma itu, doi juga pernah terlibat dalam salah satu serial terbaik HBO, Game of Thrones di musim ketujuhnya dengan memerankan salah satu sosok anggota keluarga Lannister.

Saking banyaknya job yang didapetin Ed Sheeran, nggak heran deh kalo doi saat ini menjadi salah satu musisi dengan bayaran termahal dan paling kaya di Inggris.

Baca Juga : Foo Fighters Diajak Bocah 10 Tahun Cover 'Enter Sandman' Metallica di Konsernya

Meskipun memiliki bayaran termahal di Inggris, tapi kalian semua pada tahu nggak ternyata pajak yang harus dibayar Ed Sheeran tiap tahunnya lebih besar dari salah satu situs ecommerce terbesar di Amerika Serikat, Amazon.

Bahkan jika dibandingkan, pajak yang harus dibayar pelantun lagu 'Perfect' itu lebih banyak hampir 1 juta poundsterling dari perusahaan asal AS itu meskipun penghasilannya kurang dari 1/5 keuntungan Amazon di tahun 2017.

Dilansir dari Metro, Ed Sheeran harus memenuhi kewajiban pajaknya sebesar 5,29 juta poundsterling atau sekitar Rp105,7 miliar dari total pendapatannya senilai 27 juta poundsterling atau sekitar Rp539,95 miliar di tahun 2017.

Di sisi lain, Amazon cuma harus membayar pajak sebesar 4,5 juta poundsterling atau sekitar 89,99 miliar rupiah dari total keuntungannya tahun lalu senilai 2 miliar poundsterling atau sekitar 39,99 triliun rupiah.

Baca Juga : Monkey To Millionaire Bikin Lagu Tentang Orang yang Gila Popularitas

Wah gede banget ya pajak penghasilan Ed Sheeran, tapi kok punya Amazon lebih kecil ya padahal keuntungan yang mereka hasilin jelas-jelas jauh lebih gede.

Kira-kira menurut kalian apa yang menyebabkan pajak Ed Sheeran jauh lebih besar dari Amazon? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest