Follow Us

Pantesan Banyak yang Suka, Ternyata 5 Olahraga Ini Tertua Sepanjang Masa!

Al Sobry - Rabu, 10 Oktober 2018 | 17:58
Pantesan Banyak yang Suka, Ternyata 5 Olahraga Ini Tertua Sepanjang Masa!
stocksy

Pantesan Banyak yang Suka, Ternyata 5 Olahraga Ini Tertua Sepanjang Masa!

HAI-Online.com – Indonesia baru saja hangat-hangatnya meraih medali emas di cabang Sprint/lari nomor 100 meter T42/ T63 pada ajang Asian Para Games 2018, Rabu (10/10/2018).

Melalui Tiara Karisma Evi, Indonesia jadi punya 9 medali emas Asian Para Games, setelah ia melaju dalam 14,98 detik dalam lomba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno hari ini.

Evi mengharumkan nama bangsa setelah beberapa waktu lalu, Muhammad Lalu Zohri juga terkenal karena lari cepatnya di ajang Asian Games 2018.

Ternyata banyak yang suka akan olahraga atletik ini. Tak cuma ikut menjalani secara rutin olahraga lari, masyarakat Indonesia juga suka menyaksikan perlombaan atlet profesionalnya. Dukungan demi dukungan selalu disuarakan.

Baca Juga : Kumpulkan 30 Medali, Ini Posisi Indonesia di Asian Para Games 2018

Selidik punya selidik, olahraga atletik termasuk ke dalam olahraga tertua di dunia. Tak heran, banyak yang terus melakukannya dan tentu banyak juga yang menyukainya hingga sekarang.

Tapi tahu nggak sih, beberapa olahraga ini ternyata sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Penasaran? Berikut 5 olahraga tertua yang ada di dunia.

  1. Lari/Sprint
Lari adalah olahraga yang sederhana, karena tidak memerlukan peralatan. Di Gua Lascaux, Prancis, ada gambar manusia yang sedang melakukan lari/sprint.

Dilansir HAI dari bobo.id, menurut perkiraan, gambar itu dibuat 15.300 tahun yang lalu.

Padahal menurut sejarah, lomba lari pertama kali diadakan di Irlandia pada tahun 1829 sebelum masehi. Lomba lari mulai ada di dalam olimpiade pada tahun 776 sebelum masehi.

  1. Gulat
Gulat adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Di dekat Gua Lascaux, Prancis ada gambar manusia yang sedang melakukan gulat. Menurut perkiraan, gambar itu dibuat oleh orang yang tinggal di dekat Gua Lascaux 15.300 tahun lalu.

Orang Sumeria juga menggambar manusia sedang bergulat pada 5.000 tahun lalu. Menurut sejarawan, gulat sudah dimasukkan ke dalam olimpiade di tahun704 sebelum masehi.

Source : bobo.id

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest