Follow Us

Inilah Tempat Paling Dingin di Muka Bumi, Suhunya Minus Segini!

Ricky Nugraha - Rabu, 10 Oktober 2018 | 17:25
Dataran tinggi Antartika Timur
Science Alert

Dataran tinggi Antartika Timur

HAI-online.com - Suhu terendah yang pernah diukur di Bumi berada di wilayah dataran tinggi beku di timur Antartika, dekat Kutub Selatan.

Namun, para ilmuwan menemukan fakta baru bahwa suhu di wilayah tersebut bisa turun lebih rendah daripada yang pernah dicatat sebelumnya.

Suhu di tempat tersebut dapat turun hingga hampir minus 100 derajat Celsius. Hal ini membuat para ilmuwan menduga bahwa ini mungkin merupakan titik terdingin yang ada di Bumi.

Sedangkan analisis data satelit tahun 2013 menunjukkan suhu di dataran tinggi Antartika Timur adalah minus 93 derajat Celsius.

"Ini merupakan tempat di mana Bumi begitu dekat dengan batasnya. Hampir seperti berada di planet lain," kata Ted Scambos, peneliti di the National Snow and Ice Data Center di University of Colorado, Boulder, diwartakan National Geographic, Rabu (27/6/2018).

Baca Juga : Seperti Ini Kehidupan di Tempat yang Suhunya -71 Derajat, Dingin Abis!

Dalam penelitian yang sudah diterbitkan di Geophysical Research Letters, Senin (25/6/2018), peneliti berpendapat bahwa hanya kondisi khusus yang bisa menyebabkan suhu ekstrem.

Pertama, harus musim dingin yang sangat dingin (dead of winter), langit cerah tanpa gumpalan awan, serta angin yang berembus pelan. Ketiga faktor ini dapat mendinginkan permukaan salju dan menurunkan suhu.

Dalam kondisi sedingin apapun, es memancarkan sejumlah kecil panas. Biasanya sebagian besar panas itu ditangkap oleh uap air di atmosfer dan akan kembali turun ke permukaan Bumi, menyimpan suhu yang hangat di atmosfer yang lebih rendah.

Baca Juga : Minim Faedah, 5 Kebiasaan Buruk Pelajar SMA Ini Banyak Dilakuin Deh!

Tapi selama musim kering di Antartika, ketika sebagian besar uap air telah menguap dari atmosfer, ia mulai membuka semacam celah yang biasanya tak terbuka di tempat lain di Bumi.

Panas yang dipancarkan dalam jumlah sedikit oleh lapisan es dapat lepas ke luar angkasa, membuat permukaan es menjadi lebih dingin.

Dataran tinggi Antartika Timur
Live Science

Dataran tinggi Antartika Timur

(*)

Source : Kompas.com, Live Science

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest