Follow Us

Ini Kota Terdingin di Indonesia, Siang Hari Bisa 15 Derajat Celcius

Alvin Bahar - Jumat, 20 Juli 2018 | 15:45
Ini Kota Terdingin di Indonesia, Siang Hari Bisa 15 Derajat Celcius

HAI-ONLINE.COM - Siapa yang sudah pernah pergi ke daerah Puncak, Jawa Barat? Atau ke daerah Malang? Di sana, cuacanya sejuk, bahkan bisa dikatakan dingin.Namun, tahukah kalian? Rasa dingin di sana nggak sebanding dengan dingin di Kota Mulia.Di mana tuh?

Kota Terdingin di IndonesiaKota Mulia berada di daerah Puncak Jaya Wijaya, Papua. Kota ini diberi gelar sebagai kota terdingin di Indonesia, lho. Itu karena kota ini terletak di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut.Kota Mulia berada di sebuah lembah yang dikelilingi Pegunungan Jaya Wijaya. Pada siang hari, suhu di sana sekitar 15 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari, suhunya bisa mencapai sembilan derajat Celcius.

Cek: Ini Dia 3 Penyebab Kenapa Superhero Banyak yang Pake Kostum MerahCurah hujan di sana juga terjadi hampir sepanjang tahun. Brrr…. Dingin sekaliii!Maka itu, sebagian besar warga yang tinggal di sana masih menempati Hanoi, yaitu rumah adat Papua. Rumah Hanoi yang tanpa jendela bisa membuat udara dingin nggak mudah masuk ke rumah.Sedangkan rumah berdinding semen biasanya hanya digunakan untuk gedung perkantoran saja.

Ada Bandara Kecil

Walaupun termasuk kota kecil, tapi ternyata di sana ada bandara juga, lho. Kita bisa naik pesawat dari kota Jayapura dan sampai di sana sekitar satu jam.Namun, pesawatnya itu juga nggak bisa yang berukuran besar. Pesawat yang digunakan hanyalah pesawat jenis Caravan yang hanya bisa ditumpangi oleh sembilan orang saja.Sebenarnya, kita bisa gunakan jalur darat untuk menuju ke Kota Mulia. Namun, kita harus menempuh perjalanan selama 16 jam dan melewati jalan bebatuan, bahkan juga melewati jurang curam di sisi kiri dan kanan.

Daerah KonflikSayangnya, wilayah yang memiliki pemandangan indah ini termasuk salah satu daerah konflik. Di kota ini, sering terjadi bentrok antarwarga dari daerah lain yang berdekatan.Maka itu, di sana diberlakukan jam malam. Setelah pukul 6 sore, nggak boleh ada kegiatan di luar rumah.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Suhu Mencapai 9 Derajat Celcius, Ini Kota Terdingin di Indonesia"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest