Follow Us

Bro, Udah Saatnya Kita Puasa Dari Instagram Untuk Mengatasi Racun dan Candunya

Rizki Ramadan - Selasa, 09 Oktober 2018 | 16:40
Sesekali kita mesti puasa dari Instagram
iStockphoto

Sesekali kita mesti puasa dari Instagram

HAI-online.com – ‘Nongkrong’ di Instagram itu seru banget emang. Lo bisa ngeliat foto-foto pemandangan yang bagus, ngintip temen-temen lo bergaya hypebeast, berbagi jokes receh, ketemu teman baru dan ngerasa akrab sama seleb-seleb dengan mantengin snapgram mereka.

Pada intensitas tertentu, Instagram memang membawa hiburan dan bahkan kebaikan.

Tapi pada penggunaan yang berlebihan, ternyata ada fakta bahwa Instagram adalah media social yang paling buruk untuk kesehatan mental kita, sob. Lebih parah dari Twitter, Facebook, dan YouTube.

Pemakaian Instagram ternyata ngaruh banget ke menurunnya kualitas tidur, terjadinya bullying, dan munculnya gejala fear of missing out (FOMO). Bahkan, nggak sedikit juga yang jadi ngerasa depresi serta cemas.

“Melihat temen-temen liburan melulu, asik-asikan sepanjang malam bisa membuat anak muda ngerasa missing out sementara orang lain menikmati hidupnya. Perasaan tersebut bisa memicu depresi dan putus asa,” tulis laporan dari #StatusOfMind

Jadi apa yang mesti kita lakukan biar nggak kena racun Instagram?

Puasa Instagram Demi Mengurangi Toxic

Nyatanya, banyak loh temen-temen kita yang pernah puasa dari Instagram. Setelah Hai wawancara mereka itu, Hai nemu satu hal yang bikin mereka pengen ngejauh dari IG. “Instagram itu toxic!”

“Dulu, aku sempet iri dengan kehidupan orang di IG. Cara mereka berpakaian, fisik yang ganteng cantik. Material yang mereka punya. Mereka bisa jalan ke sini ke stiu. Mereka bisa hang out sementara aku nggak. Bikin aku iri, ngerasa aku hidupnya gitu-gitunya aja,” kata Dini (17) yang pernah puasa Instagram selama 7 bulan.

Dini, sebagaimana kita, ngeliat Instagram di waktu-waktu gabutnya. Baginya, itu adalah sumber masalah. “Dari kegabutan dan pikiran negatif (gara-gara IG) gue jadi overthinking,” lanjut mahasiswa baru Universitas Indonesia ini.

Dini mulai kepikiran untuk temporary deactivate akun Instagramnya saat ia masuk kelas XII. Motivasi utamanya adalah biar fokus belajar persiapan SBMPTN. Sebagai anak yang konsentrasinya gampang pecah, Dini sering nggak sadar udah ngabisin waktu untuk di Instagram. Niatnya cuma lima menit, taunya sejam dua jam cuma instagraman.

Sama kayak Dini, Mario (17) pun puasa IG selama 2 bulan demi persiapan SBMPTN. Kecanduannya sama Instagram itu ngeganggu banget. "Kalau lagi les, gue jadi liat IG. Pas di rumah, harusnya review materi, malah abis buat Instagraman. Parahnya, gue pernah 4 jam main IG," kata Mario

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest