Follow Us

Banyak Dipakai Buat Motor Baru, Ini Fungsi Windshield Sesungguhnya

Agung Mustika - Rabu, 03 Oktober 2018 | 17:00
Ini Fungsi Windshield yang ada di motor zaman now
Twisted Throttle

Ini Fungsi Windshield yang ada di motor zaman now

HAI-Online.com - Beberapa tahun terakhir penggunaan windshield jadi semakin lumrah ditemui di motor baru baik tipe sport, matic bahkan bebek.

Apalagi buat para pengguna Yamaha N-Max, Honda PCX yang lagi 'baru-barunya'. Kayaknya gimana gitu kalo pake windshield.

Mulai dari ukuran, bentuk, serta jenisnya pun beragam dan tersedia juga pilihan aftermarket nya bagi yang ingin tampil beda.

Bikin penasaran, apa sih fungsi windshield sebenarnya? Apa cuma buat gaya-gayaan?

“Sesuai namanya, setiap windshield berfungsi untuk membelah angin dari depan saat berkendara,” ujar Rendy, produsen windshield merek Sectbill di Ruko Sentral BKT, Duren Sawit, Jakarta Timur dilansir GridOto.com.

Untuk motor sport fairing, keberadaan windshield sendiri diperluin buat motor yang biasanya menempuh kecepatan tinggi.

Baca Juga : Biar Nggak Soak, Ini Caranya Nyalain Motor yang Lama Nggak Dipakai

“Selain membelah angin, windshield juga berfungsi sebagai tempat tuck-in atau melindungi kepala pengendara dari terpaan angin. Sehingga bisa lebih stabil saat kecepatan tinggi,” tambahnya.

Nmax windshield

Nmax windshield

Sering kan denger angin kenceng banget kalo kita lagi ngebut atau tancap gas dengan kecepatan tinggi? Nah, dengan windshield, suara angin saat motor sedang dipacu bisa diminimalisir.

Efeknya bisa meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

“Secara umum, windshield juga harus lentur dan kuat sehingga bisa melindungi bikers dari kerikil dan kotoran dari arah depan,” lengkap Rendy.

Kalo lagi hujan deras, keberadaan windshield juga bisa memecah rintikan air dari depan biar nggak langsung mengenai pengendara motor.

Emang nggak dipungkiri kalo keberadaan windshield juga berfungsi sebagai pendongkrak tampilan motor secara keseluruhan.

“Hasilnya, banyak bikers ganti windshield bawaan motor ke model aftermarket yang punya tampilan bervariasi,” jawab Rendy.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest